kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala gagal ginjal dan pengobatan yang bisa dilakukan


Jumat, 11 September 2020 / 14:14 WIB
Gejala gagal ginjal dan pengobatan yang bisa dilakukan
ILUSTRASI. Salah satu pengobatan untuk mengatasi gejala gagal ginjal adalah hemodialisis. SERAMBI/M ANSHAR


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala gagal ginjal muncul saat ginjal tak mampu melakukan fungsinya dengan benar. Banyak kotoran yang harusnya terbuang, justru menumpuk dalam tubuh. Seiring dengan berjalannya waktu, gejala gagal ginjal bisa lebih parah, tapi bukan berarti tidak bisa disembuhkan.

Gejala Gagal Ginjal

Melansir dari Mayo Clinic, ada beberapa gejala gagal ginjal yang biasanya dialami oleh seseorang. Mulai dari menurunnya jumlah urin yang keluar, kesulitan bernapas, kelelahan, pusing, mual, detak jantung tak beraturan, dan nyeri dada.

Gejala gagal ginjal tersebut biasanya sering disalahartikan sebagai tanda penyakit lain. Perlu dilakukan beberapa tes untuk membuktikan apakah Anda benar-benar mengalami gagal ginjal atau tidak. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami salah satu atau bebera[a gejala gagal ginjal di atas.

Penyebab Munculnya Gejala Gagal Ginjal

Gejala gagal ginjal muncul disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah ureter atau saluran kencing yang tersumbat sehingga kotoran tak bisa dikeluarkan melalui urin, aliran darah menuju ginjal lambat, dan kerusakan ginjal.

Baca Juga: Catat! Inilah penyebab sering buang air kecil

Ada beberapa hal yang menyebabkan aliran darah menuju ginjal melambat. Mulai dari tubuh kehilangan cairan dan darah, penyakit atau serangan jantung, infeksi, dehidrasi berat, dan reaksi alergi parah.

Selain memunculkan gejala gagal ginjal, tersumbatnya saluran kencing bisa berakibat fatal pada kondisi kesehatan organ lainnya. Hal itu bisa menyebabkan kanker prostat, penggumpalan darah, kanker usus, batu ginjal, dan kanker prostat.

Pengobatan untuk Meredakan Gejala Gagal Ginjal

Gejala gagal ginjal bisa diobati dengan beberapa perawatn medis. Jika gagal ginjal yang Anda alami disebabkan karena kehilangan cairan, Mayo Clinic mengatakan untuk menggunakan cairan intravenous. Bila gagal ginjal disebabkan karena kelebihan cairan, Anda bisa mengonsumsi diuretik.

Baca Juga: Ini 5 ciri-ciri gula darah sedang naik yang perlu diwaspadai

Selain itu, jika gejala gagal ginjal muncul akibat terlalu banyak potasium, Anda bisa menambah asupan kalsium, glukosa, atau polystyrene sulfonate. Terlalu banyak potasium dalam tubuh menyebabkan detak jantung tak beraturan dan otot melemah.

Mayo Clinic juga mengatakan untuk mendapat pengobatan hemodialisis. Pengobatan ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang ada dalam darah. Perlu diingat untuk selalu berkonsultasi pada dokter jika ingin meredakan gejala gagal ginjal menggunakan perawatan apapun.

Selanjutnya: Catat, ini 5 makanan penyebab diabetes yang harus diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×