kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Inilah penyebab sering buang air kecil


Sabtu, 05 September 2020 / 06:30 WIB
Catat! Inilah penyebab sering buang air kecil


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Penyebab sering buang air kecil perlu segera Anda sadari. Selain membuat aktivitas menjadi tidak nyaman, sering buang air kecil juga bisa jadi tanda kondisi tubuh yang kurang sehat.

Normalnya, seseorang buang air kecil sebanyak empat hingga delapan kali sehari. Jika lebih sering dari batas normal tersebut, Anda perlu mencurigai kondisi .

Mengutip Self (self.com), ada beberapa hal yang jadi penyebab sering buang air kecil. Mulai dari terlalu banyak minum, efek diuretik, hingga infeksi saluran kencing.

Terlalu banyak minum air

Normalnya, semakin banyak air yang Anda minum, semakin banyak pula cairan yang perlu dikeluarkan. Salah satu penyebab sering buang air kecil yang sering terjadi adalah seseorang minum lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga: Sering buang air kecil? Ini 3 cara mengatasi yang bisa Anda coba

Penyebab sering buang air kecil tersebut bisa diamati dari warna urin yang dikeluarkan. Jika urin yang Anda keluarkan berwarna kuning muda, tandanya tubuh Anda minum air dalam jumlah yang cukup.

Tapi, jika urin yang keluar jernih dan Anda sering buang air kecil, tandanya Anda terlalu banyak minum air.

Efek diuretik

Penyebab sering buang air kecil selanjutnya adalah karena Anda mengonsumsi minuman yang mengandung efek diuretik. Misalnya, Anda banyak minum kopi, soda, dan teh.

Jenis minuman tersebut membuat Anda sering buang air kecil. Diuretik meningkatkan jumlah garam dan air dari ginjal, sehingga Anda jadi sering buang air kecil.

Penyebab sering buang air kecil juga bisa datang dari pengobatan dengan efek diuretik. Contohnya, pengobatan darah tinggi dan pil KB.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri sakit ginjal yang bisa Anda alami

Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing adalah salah satu penyebab sering buang air kecing yang perlu Anda waspadai. Kondisi tersebut terjadi saat ada bakteri yang menyerang saluran kecing, apalagi kandung kemih.

Kandung kemih mengalami inflamasi dan iritasi sehingga Anda jadi sering buang air kecil. Infeksi saluran kencing juga membuat Anda merasakan sakit saat mengeluarkan kencing.

Menurut Self, Anda tak bisa mengobati penyebab sering buang air kecil ini sendiri. Anda perlu memeriksakan diri pada dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Air seduhan kayu manis jadi obat herbal diabates melitus, benarkah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×