kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! Inilah penyebab sering buang air kecil pada wanita


Rabu, 19 Agustus 2020 / 12:08 WIB
Waspada! Inilah penyebab sering buang air kecil pada wanita
ILUSTRASI. Beberapa penyebab sering buang air kecil adalah kondisi medis atau kebiasaan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sering buang air kecil memang banyak wanita rasakan. Namun, Anda harus waspada jika kondisi tersebut sering terjadi. Ada berbagai macam penyebab sering buang air kecil, mulai dari kondisi medis atau hal lainnya.

Mengutip Health Partners, normalnya, seorang wanita buang air kecil sebanyak enam hingga delapan kali dalam 24 jam. Selain mengganggu kegiatan sehari-hari, sering buang air kecil juga bisa membuat Anda stres. Apalagi, jika penyebabnya tidak diketahui.

Selain karena kondisi medis, kebiasaan dan lingkungan juga bisa jadi penyebab sering buang air kecil pada perempuan. Health Partners menyebutkan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami kondisi tersebut:

Baca Juga: 3 Jenis makanan penambah sel darah merah

Terlalu banyak cairan

Penyebab sering buang kecil yang biasanya terjadi adalah Anda memiliki terlalu banyak cairan. Cairan yang tidak dibutuhkan dalam tubuh akan dikeluarkan, salah satunya dalam bentuk kencing.

Nah, jika Anda sering buang air kecil, menurut Health Partners, Anda mengonsumsi cairan lebih dari yang tubuh butuhkan.

Alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein memiliki sifat diuretik atau penyebab sering buang air kecil lebih dari normal. Selain itu, pemanis buatan dan makanan serta minuman asam juga memiliki sifat yang sama. Makanan dan minuman jenis tersebut bisa jadi penyebab sering buang air kecil.

Baca Juga: Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Infeksi saluran kemih

Penyebab sering buang air kecil lainnya pada wanita adalah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi saat ada bakteri atau benda lain yang menginfeksi saluran kemih, seperti kandung kemih, uretra, dan ginjal.

Gejala lain yang muncul karena infeksi saluran kemih adalah rasa sakit yang muncul saat kencing dan urin yang berwarna. Selain itu, Anda juga bisa merasakan demam dan rasa sakit di punggung atau pinggul.

Mengatasi penyebab sering buang air kecil di atas bisa jadi cara mengobati kondisi Anda. Namun, jika penyebabnya telah Anda hindari, tapi masih sering buang air kecil, segera konsultasikan pada dokter.

Dengan begitu, kondisi Anda bisa lebih baik dan tidak jadi parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×