kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak yang Perlu Diwaspadai


Rabu, 12 Oktober 2022 / 12:27 WIB
​Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak yang Perlu Diwaspadai
ILUSTRASI. Gagal ginjal akut pada anak


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau orang tua agar waspada pada beberapa gejala gagal ginjal akut pada anak. Namun, hingga kini IDAI masih belum mengetahui penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak.

Ketua Pengurus Pusat IDAI dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K), data yang masuk ke organisasi ini per 10 Oktober 2022, ada 131 kasus gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI) pada anak yang dilaporkan 14 cabang IDAI di seluruh Indonesia. 

"Tentunya hal ini (laporan kasus gagal ginjal akut pada anak) menimbulkan kewaspadaan. Puncak kasus AKI ini dilaporkan pada September (dengan 71 kasus), dan kasusnya di bulan Oktober ini relatif menurun," ungkap dr Piprim, Dikutip dari Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga: 7 Obat herbal Ini Ampuh Bikin Keok Kolesterol yang Kumat

Acute Kidney Injury atau gagal ginjal akut pada anak ini, kata dr Piprim, awalnya diduga terkait MIS-C yang disebabkan oleh Covid-19. Namun, setelah dianalisis, ternyata di antara pasien gagal ginjal akut pada anak tersebut ada yang sebelumnya tidak terinfeksi Covid-19. 

Selain itu, gagal ginjal akut pada anak biasanya terjadi karena masalah ginjal bawaan. Akan tetapi, ternyata pada penderita gagal ginjal akut pada anak, awalnya organ ini bekerja dengan normal dan bukan suatu kondisi kelainan bawaan.

Lantas, apa saja gejala gagal ginjal akut pada anak? 

Baca Juga: Pengobatan ala Rumahan Saat Asam Urat Kumat, Berminat Coba?

Gagal ginjal pada anak 

Gangguan ginjal pada anak sendiri terbagi dua yaitu gangguan ginjal akut dan kronik. Gangguan ginjal akut merujuk pada kondisi di mana ginjal anak mengalami kerusakan fungsi secara mendadak. 

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, penyebab gagal ginjal akut adalah penyumbatan sistem penyaringan ginjal oleh sel darah merah yang hancur, trauma luka bakar, dehidrasi, pendarahan, cidera atau operasi. 

Baca Juga: Catat! Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Sedangkan gangguan ginjal kronik adalah kondisi penurunan fungsi ginjal anak secara bertahap selama kurun waktu tiga bulan atau lebih. 

Anak dengan gangguan ginjal kronik akan mengalami penurunan fungsi penyaringan kotoran, kontrol jumlah air dalam tubuh, serta kadar garam dan kalsium dalam darah. 

Akibatnya zat-zat sisa metabolisme yang tidak berguna akan tetap tinggal dan mengendap dalam tubuh anak sehingga lambat laun membahayakan kondisi kesehatannya.

Baca Juga: Efek Samping Obat Ini Penyebab Asam Urat Naik, Simak Cara Menurunkan Dengan Alami

Gejala gagal ginjal akut pada anak

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengungkapkan bahwa sejak bulan Agustus 2022, bahwa sebagian besar anak-anak yang datang dengan kondisi gagal ginjal akut ini mengeluhkan buang air kecil yang sangat sedikit.

Bahkan, beberapa anak tidak buang air kecil atau kencing sama sekali. Selain itu, masih ada sejumlah gejala gagal ginjal akut pada anak yang perlu diwaspadai:

  • Batuk 
  • Pilek 
  • Diare 
  • Muntah 
  • Kencing sedikit atau sama sekali tidak buang air kecil

Baca Juga: Kadar Asam Urat Normal & Cara Menghilangkan Asam Urat Di Tangan & Kaki Secara Alami

"Dalam 3 hari sampai 5 hari mendadak tidak ada urine, tidak bisa buang air kecil. Jika anak mengalami kondisi tersebut (gejala diduga gagal ginjal akut misterius dengan tidak buang air kecil), maka harus segera diperiksakan ke rumah sakit," imbau dr Eka.

Dia juga mengatakan bahwa sejumlah rumah sakit mendapat laporan lonjakan kasus gagal ginjal akut pada anak. 

"Kami menerjemahkan sebagai gagal ginjal akut, karena kondisi ini memang suatu interval yang lebar antara orang yang mengalami gangguan ringan sampai berat," ungkap dr Eka. 

Demikian sejumlah gejala gagal ginjal akut misterius pada anak yang perlu diwaspadai oleh para orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×