Kadar Asam Urat Normal & Cara Menghilangkan Asam Urat Di Tangan & Kaki Secara Alami

Kamis, 06 Oktober 2022 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Kadar Asam Urat Normal & Cara Menghilangkan Asam Urat Di Tangan & Kaki Secara Alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali kadar asam urat normal pada laki-laki dan wanita dewasa serta anak-anak. Pahami pula cara menghilangkan asam urat yang sering terjadi di persendian kaki dan tangan.

Mengenali kadar asam urat dalam batas normal penting agar Anda bisa mengetahui saat jumlahnya berlebih. Anda pun juga bisa langsung mengambil tindakan untuk menghilangkan asam urat di atas normal yang selama ini terjadi di kaki dan tangan.

Asam urat adalah produk limbah tubuh kita yang harus dijaga dalam kadar aman. Mengutip Kementerian Kesehatan, kadar asam urat dalam darah yang aman sebagai berikut:

  • Kadar asam urat normal pada laki-laki: 3,4 – 7,0 mg/dL
  • Kadar asam urat normal pada perempuan: 2,4 – 6,0 mg/dL
  • Kadar asam urat normal pada kelompok anak-anak: 2,0 – 5,5 mg/dL

Mengutip Cleveland Clinic, kadar asam urat tinggi atau disebut hiperurisemia, nantinya berisiko menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Hiperurisemia dapat menyebabkan kristal asam urat terbentuk.

Kristal tersebut dapat mengendap di persendian dan menyebabkan penyakit asam urat, suatu bentuk radang sendi yang bisa sangat menyakitkan. Kristal asam urat juga dapat menetap di ginjal dan membentuk batu ginjal.

Jika tidak diobati, kadar asam urat yang tinggi pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan tulang, sendi, dan jaringan permanen. Selain itu, kadar asam urat tinggi menyebabkan penyakit ginjal dan penyakit jantung.

Penelitian juga menunjukkan hubungan antara kadar asam urat yang tinggi dengan diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati berlemak.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Cara cek kadar asam urat

Untuk mengetahui kadar asam urat, biasanya dilakukan melalui tes atau cek darah. Mengutip Healthline, sebelum melakukan tes asam urat, Anda harus menghindari beberapa hal yang akan mengganggu berikut ini: alkohol, obat-obatan tertentu, seperti aspirin (Bufferin) dan ibuprofen (Motrin IB), kadar vitamin C yang tinggi, pewarna yang digunakan dalam tes sinar-X.

Anda perlu memberi tahu dokter tentang obat atau suplemen yang Anda gunakan. Bahkan, Anda mungkin perlu berpuasa (menahan diri dari makan atau minum) selama 4 jam sebelum tes asam urat.

Setelah itu, cek kadar asam urat dimulai dengan pengambilan sampel darah yang disebut sebagai pungsi vena. Pengambilan darah dari vena biasanya dilakukan dari lipatan siku atau punggung tangan Anda. Setelah dikumpulkan, darah dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Arti hasil cek kadar asam urat

Jika Anda wanita memiliki kadar asam urat lebih dari 6,0 mg/dL atau pria memiliki lebih dari 7,0 mg/dL, artinya Anda mengalami hiperurisemia. Mengutip Healthline, tingginya kadar asam urat dalam darah Anda biasanya menunjukkan bahwa tubuh Anda membuat terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda tidak mengeluarkan cukup asam urat dari tubuh Anda.

Asam urat hasil dari pemecahan purin, zat kimia yang diproduksi oleh tubuh dan juga dibawa oleh beberapa makanan. Contoh makanan yang mengandung purin tinggi: Jeroan Alkohol: bir dan wine Teri Makerel

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda juga dapat menunjukkan berbagai penyebab lain, termasuk:

  • Diabetes
  • Penyakit asam urat/encok, yang melibatkan serangan berulang peradangan sendi (artritis) akut
  • Kemoterapi
  • Gangguan sumsum tulang, seperti leukemia
  • Makan tinggi purin
  • Hipoparatiroidisme, yang merupakan penurunan fungsi paratiroid Anda
  • Gangguan ginjal, seperti gagal ginjal akut batu ginjal
  • Multiple myeloma, yang merupakan kanker sel plasma di sumsum tulang Anda
  • Kanker bermetastasis, yaitu kanker yang menyebar dari tempat asalnya

Baca Juga: Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat & Obat Alami Untuk Menyembuhkannya

Kadar asam urat yang rendah lebih jarang terjadi daripada kadar yang tinggi dan kurang menjadi masalah kesehatan. Kadar asam urat yang rendah dalam darah mungkin menunjukkan:

  • Penyakit Wilson, yang merupakan kelainan bawaan yang menyebabkan tembaga menumpuk di jaringan tubuh Anda
  • Sindrom Fanconi, yang merupakan gangguan ginjal yang paling sering disebabkan oleh cystinosis alkoholisme
  • Penyakit hati atau ginjal
  • Makan rendah purin

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan

Jika kadar asam urat melebihi batas normal, dokter biasanya akan memberikan obat tertentu.Selain dari apotik dan dokter, sejumlah bahan alami bisa menjadi cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami.

Merangkum Kompas.com, berikut cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami:

1. Kopi

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang pertama adalah dengan minum kopi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu mengurangi kadar asam urat dengan dua cara.

Pertama adalah kandungan enzim yang terdapat pada kopi dapat memecah purin di dalam tubuh yang berkhasiat menurunkan tingkat produksi asam urat. Kemudian kopi juga merupakan minuman yang bersifat diuretik yang membuat hasrat buang air kecil lebih sering dari biasanya. Oleh karena itu, penderita asam urat dapat meminum kopi secara rutin sekaligus mengonsumsi air yang banyak untuk membantu ginjal saat membuang asam urat melalui urine.

2. Buah ceri

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang kedua adalah konsumsi buah ceri. Ceri mengandung anthocyanin, antioksidan, senyawa anti-inflamasi yang kaya serat dan vitamin C yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa makan ceri dan minum jus ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

3. Apel

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang ketiga adalah makan buah apel. Kandungan pada buah apel sangat baik untuk penderita asam urat. Apel diperkaya dengan asam malat yang mampu menetralkan asam urat di dalam darah.

4. Buah beri

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang keempat adalah konsumsi buah beri. Aneka buah beri seperti storberi, blueberry, raspberry hingga cranberry tinggi akan vitamin C, serat dan antiinflamasi.

Penderita asam urat tinggi yang kerap merasakan nyeri di persendian, gejalanya bisa diminimalisir dengan rutin mengonsumsi buah beri.

5. Jus sayuran berwarna cerah

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang kelima adalah minum jus sayuran berwarna cerah. Wortel, buah bit hingga mentimun sangat baik untuk mengobati asam urat secara alami. Aneka jenis sayuran berwarna cerah itu kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

6. Produk susu rendah lemak

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang keenam adalah konsumsi produk susu rendah lemak. Khasiat dari produk susu rendah lemak ini dapat mencegah kadar asam urat naik dan membantu menurunkan kadar asam urat.

7. Jeruk nipis atau lemon

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang ketujuh adalah minum sari jeruk nipis atau lemon. Jeruk nipis atau lemon diperkaya dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada buah-buahan sitrus itu dapat membantu tubuh menetralkan asam urat dan membuangnya secara maksimal melalui urine.

8. Minyak zaitun

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang kedelapan adalah konsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan jenis minyak sehat yang mengandung antioksidan tinggi dan bersifat antiiflamasi. Kita dapat mengonsumsi minyak zaitun secara langsung atau dijadikan sebagai salad dressing untuk merasakan manfaatnya.

9. Kacang pinto

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang kesembilan adalah makan kacang pinto. Kacang pinto mengandung asam folat yang membantu menurunkan kadar asam urat secara alami. Selain kacang pinto, beberapa jenis biji-bijian yang memiliki khasiat serupa adalah biji bunga matahari, kacang lentil hingga biji seledri.

10. Pisang

Cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan secara alami yang ke-10 adalah konsumsi buah pisang. Mengonsumsi pisang juga termasuk ke dalam diet yang baik untuk para penderita asam urat. Khasiat rutin mengonsumsi pisang adalah dapat menurunkan asam urat tinggi secara alami.

Itulah cara cek dan batasan kadar asam urat normal dalam tubuh serta cara menghilangkan asam urat di kaki dan tangan. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

(Dinno Baskoro, Shintaloka Pradita Sicca & Irawan Sapto Adhi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cek Kadar Asam Urat Anda, Apakah Berada pada Batas Aman?", dan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "15 Obat Alami yang Ampuh untuk Menurunkan Kadar Asam Urat",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru