kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Obat herbal Ini Ampuh Bikin Keok Kolesterol yang Kumat


Rabu, 12 Oktober 2022 / 09:18 WIB
7 Obat herbal Ini Ampuh Bikin Keok Kolesterol yang Kumat
ILUSTRASI. Jahe menjadi salah satu obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol menjadi penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat. Kolesterol tidak hanya menyerang orang tua tapi juga anak muda. 

Asal tahu saja, kolesterol muncul akibat seseorang tidak menjalankan gaya hidup sehat. 

Umumnya para penderita kolesterol mengonsumsi obat dari dokter untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Alih-alih minum obat kimia, penderita kolesterol bisa mengonsumsi obat herbal. 

Beberapa tanaman jadi obat herbal yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut, obat herbal yang bisa menurunkan kolesterol Anda. 

1. Bawang putih 

Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga jadi obat herbal. Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangatlah beragam. 

Selain bisa membantu meredakan gejala berbagai penyakit, seperti pilek, tanaman yang satu ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Tentu, mengonsumsi masakan yang mengandung bawang putih tidak serta-merta akan menurunkan kadar kolesterol. Saat ini, masih terdapat perdebatan di antara para peneliti mengenai peran bawang putih sebagai obat herbal kolesterol. 

Sehingga, apabila Anda ingin menggunakannya sebagai obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. 

2. Akar manis 

Akar manis atau licorice root, dinilai berpotensi menjadi obat herbal kolesterol. Pasalnya, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. 

Hanya saja, belum banyak penelitian yang dilakukan secara klinis pada manusia. Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. 

3. Kedelai 

Kacang kedelai dan produk olahannya seperti tempe atau tahu. Kedelai dianggap bisa sedikit membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sehingga, jangan ragu untuk menambahkannya dalam menu harian.

Meski begitu, perlu diingat juga cara mengolahnya dan jangan hanya mengandalkan makan tahu dan tempe sebagai obat herbal kolesterol. 

Baca Juga: Minuman Herbal Penurun Kolesterol Tinggi yang Mudah Dibuat Sendiri

4. Jahe 

Rempah, seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Untuk menikmati manfaat jahe yang satu ini, Anda cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. 

Untuk rasa yang lebih keras, Anda bisa membakar dan sedikit menghancurkan jahenya terlebih dahulu, setelah dipotong. 

Baca Juga: Tanda-Tanda Gula Darah Tinggi & Obat Alami Menyembuhkan Diabetes Tipe 2




TERBARU

[X]
×