kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala Awal Diabetes Dan Pencegahannya, Cek Manfaat Kulit Salak untuk Diabetes


Minggu, 02 Juli 2023 / 07:42 WIB
Gejala Awal Diabetes Dan Pencegahannya, Cek Manfaat Kulit Salak untuk Diabetes
ILUSTRASI. Gejala Awal Diabetes Dan Pencegahannya, Cek Manfaat Kulit Salak untuk Diabetes


Sumber: KONTAN.co.id,Grid,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Kulit Salak untuk Diabetes - Jakarta. Kenali gejala awal diabetes dan pencegahannya. Namun jika gejala awal diabetes sudah terlihat, Anda bisa memanfaatkan kulit salak untuk mengatasi diabetes.

Mengenali gejala awal diabetes penting dipahami semua orang, terutama anak muda. Pasalnya, banyak anak muda yang sudah terkena diabetes.

Dilansir dari Kompas.com, penyakit gula darah tinggi atau diabetes yang parah sering kali berujung pada kematian. Oleh karena itu, sebelum menjadi level parah, kenali ciri-ciri diabetes pada tahap awal agar lebih mudah disembuhkan.

Gula darah tinggi atau diabetes bisa saja terjadi tanpa gejala. Faktanya, banyak penderita diabetes yang tak menyadari apa yang dialaminya sampai terjadi komplikasi serius.

Memang sebagian besar orang yang mengalami diabetes juga memiliki gejala seperti sering buang air kecil dan haus berlebihan. Namun, gejala tersebut seringkali tak disadari. Padahal, peningkatan gula darah ringan dapat merusak saraf, ginjal, dan retina Anda. Dan semakin tinggi kadar gula darah, semakin buruk kerusakan yang bisa terjadi.

Ahli endokrinologi Kevin Pantalone juga mengatakan banyak penderita diabetes yang baru terdiagnosis ketika mereka sudah mengalami masalah pada ginjal dan retina. "Itu tandanya diabetes yang mereka alami sudah ada sejak lama," tambahnya.

Gejala awal diabetes

Untuk antisipasi, berikut gejala awal diabetes yang seringkali tak disadari:

1. Sering buang air kecil

Gejala awal diabetes yang pertama adalah sering buang air kecil. Harus pergi ke kamar mandi lebih dari biasanya, terutama di malam hari, adalah tanda bahwa gula darah Anda mungkin rusak. Pantalone mengatakan salah satu pasiennya datang untuk diagnosis setelah seorang anggota keluarga memperhatikan bahwa dia sering ke kamar mandi setiap jeda iklan ketika mereka menonton TV.

Baca Juga: Mulai Banyak Dijual, Ini Manfaat Makan Kurma Bagi Kesehatan Jantung, Tulang, Otak dll

2. Sering mengalami infeksi saluran kemih atau jamur

Gejala awal diabetes yang kedua adalah sering infeksi saluran kemih. Ketika gula darah tinggi dan ginjal tidak dapat menyaringnya dengan cukup baik, gula akan berakhir di urin. Penumpukan gula di lingkungan yang hangat dan lembab dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan jamur, terutama pada wanita.

3. Berat badan turun drastis

Gejala awal diabetes yang ketiga adalah berat badan turun drastis. Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) secara efektif untuk energi. Sebaliknya, tubuh Anda akan mulai membakar simpanan lemak, dan Anda mungkin mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga.

4. Penglihatan bermasalah

Gejala awal diabetes yang keempat adalah gangguan penglihatan. Kadar gula yang tinggi dapat mendistorsi lensa di mata Anda, memperburuk penglihatan Anda. Penambahan minus pada mata terkadang bisa jadi tanda diabetes.

5. Perubahan warna kulit

Gejala awal diabetes yang kelima adalah perubahan warna kulit. Salah satu tanda awal diabetes adalah perubahan warna kulit di bagian belakang leher. Kondisi ini disebut dengan acanthosis nigricans, dimana warna kulit area leher berubah menjadi gelap. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya resistensi, yaitu kondisi saat insulin kehilangan sensitivitas sehingga kemampuan mengatur glukosa berkurang.

Pencegahan diabetes

Setiap orang, baik pria dan wanita perlu mengetahui cara mencegah diabetes. Pasalnya, penyakit diabetes belum ada obatnya.

Dilansir dari Healthline dan Health Focus, inilah beberapa cara mudah mencegah diabetes sejak dini: 

1. Selektif memilih makanan

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang pertama adalah selektif memilih makanan. Tak ada salahnya untuk memakan makanan favorit namun Anda mesti selektif dalam memilih ya.

Anda mesti membicarakan dengan dokter tentang menu makanan yang cocok jika Anda sedang diet diabetes. 

2. Air putih sebagai minuman utama

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang kedua adalah menjadikan air putih sebagai minuman utama. Hal ini akan membantu Anda mengurangi asupan gula harian.

Minuman manis seperti soda dan jus buah manis dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun pada orang dewasa.

3. Olahraga teratur

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang ketiga adalah olahraga dengan teratur. Olahraga tidak hanya dibutuhkan pengidap diabetes saja tetapi juga semua orang.

Untuk mencegah diabetes, sebaiknya berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari dan jadikan olahraga sebagi kebutuhan.

Manfaat kulit salak untuk diabetes

Kulit salak ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi diabetes. Dilansir dari website resmi Universitas Medan Area, manfaat kulit salak untuk diabetes karena mengandung dua zat penting yakni zat simplisia dan cinamic acid derivative.

Zat simplisia dan cinamic acid derivative yang terdapat pada kulit salak itu mampu membantu untuk meregenerasi sel epitel dan peremajaan pankreas. Selain itu, unsur aktif pterostilbene yg timbul selesainya kulit salak diolah menjadi teh jua berperan pribadi pada menurunkan kadar gula buat penderita diabetes.

Cara praktis memanfaatkan kulit salak untuk obat diabetes adalah dengan dibuat teh. Caranya adalah rebus 100 gram kulit salak yg telah dicuci bersih ke pada 1 liter air. Rebus sampai air berkurang setengahnya, lalu minum secara rutin buat hasil yg optimal.

Itulah gejala awal diabetes dan pencegahannya serta manfaat kulit salak untuk diabetes. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×