Faktor apa yang jadi penyebab usus buntu? Ini 4 jawabannya

Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Faktor apa yang jadi penyebab usus buntu? Ini 4 jawabannya

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang jadi penyebab usus buntu. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Usus buntu adalah organ dalam tubuh yang menempel pada usus besar. Organ ini bisa mengalami inflamasi atau peradangan sehingga menimbulkan masalah kesehatan. Penyebab usus buntu perlu Anda waspadai supaya tak terjadi masalah lain yang lebih serius.

Melansir Everyday Health, sampai saat ini belum ada penyebab pasti kenapa radang usus buntu terjadi. Tapi, ada beberapa faktor yang bisa memicu penyakit tersebut. Sebelum mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan radang usus buntu, Anda perlu mengetahui faktor risikonya.

Hasil penelitian menunjukkan, banyak pasien radang usus buntu yang memiliki riwayat kesehatan serupa. Penderita penyakit crohn atau inflammatory bowel disease lainnya juga rentan mengalami radang usus buntu.

Jika Anda mengalami kondisi itu dan beberapa hal di bawah ini, jangan ragu untuk rutin kontrol ke dokter, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa selalu terpantau. Dikhawatirkan, radang usus buntu yang terlambat ditangani menyebabkan masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Gejala usus buntu pada anak-anak, orang tua wajib paham

Batu apendiks

Pengendepan feses yang terlalu lama hingga mengeras dapat berubah menjadi batu. Nah, endapan itulah yang menyumbat usus buntu hingga akhirnya membuat usus buntu meradang. Biasanya, batu apendiks lebih sering dialami oleh anak-anak daripada orang dewasa.

Pembengkakan jaringan limfa

Salah satu penyebab usus buntu adalah pembengkakan jaringan limfa.

Jaringan limfa yang meradang dan membengkak juga bisa jadi penyebab usus buntu. Biasanya, pembengkakan yang terjadi disebabkan oleh adanya infeksi di saluran gastrointestinal. Pembengkakan semakin parah apabila infeksi sudah berlangsung lama dan tak teratasi dengan baik.

Baca Juga: Cermati baik-baik ciri-ciri sakit ginjal, jangan sampai telat!

Kecelakaan

Kecelakaan bisa menyebabkan bagian perut cedera dan terluka, tak terkecuali usus buntu. Apabila Anda merasakan sakit perut setelah mengalami kecelakaan atau terjatuh, segera hubungi dokter. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk melihat kondisi Anda.

Infeksi bakteri

Everyday Health mengatakan, penyebab usus buntu yang lain adalah infeksi bakteri, virus, jamur, dan jenis parasit yang lain. Infeksi tersebut harus segera diobati. Tujuannya, supaya radang usus buntu tak bertambah parah hingga akhirnya pecah. Jika hal itu terjadi, infeksi bisa ke bagian tubuh yang lain.

Selanjutnya: 4 Cara mencegah diare ini mudah dilakukan, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru