4 Cara mencegah diare ini mudah dilakukan, apa saja?

Senin, 27 September 2021 | 08:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mencegah diare ini mudah dilakukan, apa saja?

ILUSTRASI. Rajin cuci tangan dan cara mencegah diare lainnya perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diare adalah masalah pada sistem pencernaan yang dapat dialami siapa saja. Supaya kondisi kesehatan Anda tidak terganggu, ada banyak cara mencegah diare yang mudah untuk Anda lakukan. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya tubuh Anda tetap sehat.

Ada beberapa gejala diare yang bisa Anda alami. Mulai dari frekuensi buang air besar meningkat, tekstur feses yang keluar umumnya lebih lunak dan bercampur air, dehidrasi, nafsu makan menurun, mual, muntah, hingga demam.

Umumnya, diare bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua hari. Namun, ada beberapa kasus di mana diare tak kunjung sembuh. Bahkan, gejala diare yang Anda alami semakin parah. Misalnya, feses keluar bersama dengan darah.

Sebelum kondisi Anda terus memburuk, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Nah, beberapa hal di bawah ini bisa Anda praktikkan untuk menghindari diare. Dengan begitu, sistem pencernaan dalam tubuh Anda bisa tetap sehat.

Baca Juga: Tak perlu obat apotek, 5 cara mengatasi flu ini pakai bahan alami

Rajin Cuci Tangan

News Medical (news-medical.net) mengatakan bahwa rajin cuci tangan adalah pencegahan diare yang penting dilakukan. Jadikan kegiatan itu sebagai kebiasaan, apalagi bagi Anda yang mau makan atau menyiapkan makanan dan baru saja keluar dari toilet.

Menjaga kebersihan toilet juga tak kalah penting untuk dilakukan. Pastikan untuk rutin membersihkan pegangan, tempat duduk toilet, dan bagian lain dalam toilet menggunakan disinfektan. Lakukan hal tersebut secara berkala, ya.

Jangan Gunakan Barang Pribadi Bersama Orang Lain

Cara mencegah diare berikutnya adalah dengan membatasi pemakaian barang pribadi. Usahakan untuk tidak memakai handuk, alat makan, sapu tangan, atau barang pribadi lainnya bersama dengan orang lain.

Baca Juga: Efek samping jika terlalu banyak minum vitamin sesuai jenisnya, wajib tahu!

Masak Makanan

Memasak makanan hingga matang termasuk cara mencegah diare.

Supaya terhindar dari diare, Anda perlu memasak makanan yang Anda konsumsi sehari-hari hingga benar-benar matang. Dengan begitu, risiko mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri penyebab diare dapat Anda hindari.

Saat menyimpan bahan makanan yang belum digunakan, News Medical merekomendasikan Anda untuk menyimpannya dalam kulkas. Tak hanya itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Tetap di Rumah

Apabila Anda mengalami kondisi-kondisi yang mengarah ke gejala diare, usahakan untuk tetap berada di rumah selama 48 jam, ya. Tujuannya supaya Anda tidak menyebarkan penyakit ke orang lain. Jika kondisi Anda tak memburuk dan tidak terdiagnosa diare, Anda bisa melanjutkan kegiatan seperti biasa.

Selanjutnya: Konsumsi 5 Buah Ini Untuk Penderita Usus Buntu

Editor: Belladina Biananda
Terbaru