kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efektif dan mudah didapat, coba 6 obat batuk alami ini


Jumat, 06 Agustus 2021 / 10:00 WIB
Efektif dan mudah didapat, coba 6 obat batuk alami ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk merupakan salah satu respons alami saat ada benda asing yang menginfeksi tubuh. Biasanya, kondisi itu bisa hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa obat batuk alami dalam artikel ini mampu mempercepat proses penyembuhan.

Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin batuk menyebabkan masalah yang lebih serius. Tenggorokan Anda berisiko mengalami iritasi sehingga Anda kesulitan untuk menelan atau berbicara. Nah, untuk menghindari hal itu, tak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami di bawah ini.

Namun, jika batuk tak kunjung sembuh dan justru bertambah parah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai sehingga batuk bisa sembuh.

Bawang Putih

Meski memiliki bau yang cukup kuat, tapi bawang putih jadi salah satu bahan alami yang efektif mengobati batuk. E Times (timesofindia.indiatimes.com) menyebutkan bahwa bahan alami itu mengandung antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi.

Baca Juga: 8 Cara meredakan flu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah

Kunyit

Obat batuk alami selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah kunyit. Sama seperti bawang putih, kunyit mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mencampur ¼ sdt bubuk kunyit dalam segelas susu hangat lalu minum secara rutin sampai batuk sembuh.

Minyak Kayu Putih

Cara mengobati batuk juga bisa Anda lakukan dengan minyak kayu putih, lo. Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga bisa membantu membersihkan paru-paru dari lendir. Caranya, campur minyak kayu putih dengan minyak kelapa lalu gosokkan di bagian dada dan leher.

Madu

Bahan alami berikutnya yang direkomendasikan E Times untuk mengobati batuk adalah madu. Menurut sebuah penelitian, madu dianggap lebih baik dari obat batuk lain yang dijual di pasaran. Minum segelas air hangat yang telah dicampur dengan 2 sdt madu sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga: Begini cara membedakan flu dan pilek berdasarkan gejalanya.

Jahe

Jahe dan bawang putih termasuk dalam daftar obat batuk alami.

Obat batuk alami lainnya yang sebaiknya Anda jadikan pilihan adalah jahe. Antiinflamasi yang terkandung dalam jenis rempah itu efektif mengendurkan membran di saluran pernapasan. Dengan begitu, batuk bisa berkurang hingga akhirnya benar-benar hilang.

Air Garam

Selain beberapa bahan alami di atas, air garam juga bisa jadi cara mengobati batuk. Kandungan dalam air garam efektif mengurangi rasa gatal dan penumpukan lendir di saluran pernapasan. Cobalah untuk berkumur dengan segelas air hangat yang telah dicampur dengan ¼ sdt garam.

Selanjutnya: Cara menyembuhkan batuk kering dan berdahak setelah Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×