Efektif, coba 5 cara mengobati gusi bengkak ini, yuk

Kamis, 23 September 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, coba 5 cara mengobati gusi bengkak ini, yuk

ILUSTRASI. Supaya kesehatan mulut tetap terjaga, beragam cara mengobati gusi bengkak perlu Anda lakukan. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gusi bengkak bisa membuat Anda tak nyaman dalam melakukan kegiatan. Jika dibiarkan, kondisi itu juga berisiko memicu masalah kesehatan gigi dan mulut yang lain. Makanya, cara mengobati gusi bengkak perlu Anda lakukan.

Membersihkan gigi dengan cara yang terlalu kasar bisa membuat gusi terluka hingga akhirnya bengkak. Selain itu, masih banyak faktor lain yang memicu inflamasi. Mulai dari penumpukan karang gigi, infeksi virus atau jamur, alergi, hingga kehamilan.

Selain bengkak, biasanya gusi bermasalah juga ditandai dengan kondisi yang lain. Misalnya, muncul rasa sakit, gusi berdarah, jarak antar gigi bertambah, dan bau mulut tak sedap. Nah, beberapa bahan di bawah ini bisa Anda pakai supaya gusi bengkak tidak bertambah parah.

Jahe dan Garam

Art of Smiles (artofsmilespasadena.com) mengatakan bahwa jahe dan garam bisa meredakan pembengkakan di gusi. Bukan tanpa alasan, dua bahan alami itu dipenuhi dengan antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan gusi.

Anda perlu menghaluskan jahe terlebih dahulu lalu tambahkan garam. Setelah teraduk rata, aplikasikanlah pada gusi bengkak. Diamkan dulu selama 10-12 menit kemudian berkumurlah dengan air biasa.

Baca Juga: 8 Obat sakit gigi alami yang bahannya mudah didapatkan

Lemon

Cara mengobati gusi bengkak bisa Anda lakukan dengan lemon, lo. Cukup campurkan 1 sdm air lemon dalam segelas air lalu gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari. Antimikroba dalam bahan alami tersebut efektif mencegah infeksi penyebab gusi bengkak.

Lidah Buaya

Lidah buaya jadi bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Art of Smiles untuk mengobati gusi bengkak. Berbagai macam nutrisi penting terkandung dalam bahan itu, seperti antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Oleskan gel lidah buaya pada gusi bengkak dua kali sehari, ya.

Baca Juga: Selain madu, coba 5 obat gusi berdarah lainnya, yuk

Cuka Apel

Pakai cuka apel sebagai cara mengobati gusi bengkak.

Berkumur dengan air cuka apel juga bisa dijadikan cara mengobati gusi bengkak, lo. Kandungan dalam bahan alami itu mampu menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga gusi bengkak bisa sembuh dengan lebih cepat.

Kunyit, Garam, dan Minyak Mustard

Bahan alami lainnya yang bisa jadi obat gusi bengkak adalah kunyit. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur 1 sdt bubuk kunyit dengan ½ sdt garam dan ½ sdt minyak mustard. Gunakan campuran itu pada gusi bengkak selama 10 menit kemudian berkumurlah dengan air biasa.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan sakit gigi yang layak Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru