kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efektif, Begini 4 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan


Kamis, 06 Januari 2022 / 15:12 WIB
Efektif, Begini 4 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan
ILUSTRASI. Anda bisa mencoba cara mengeluarkan dahak di tenggorokan dengan bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dahak sebenarnya dibutuhkan tubuh sebagai pelumas. Namun, jumlah dahak yang berlebih justru bisa membuat Anda tak nyaman, apalagi jika menumpuk di tenggorokan. Supaya tak bertambah parah, cara mengeluarkan dahak di tenggorokan berikut ini perlu Anda coba.

Meningkatnya jumlah dahak di tubuh Anda terjadi karena banyak faktor. Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah adanya infeksi virus atau bakteri. Sebenarnya, ada banyak obat di apotek atau resep dokter yang bisa Anda manfaatkan.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami, kan? Beberapa bahan alami di bawah ini akan mengencerkan dahak. Dengan begitu, dahak menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan sehingga kesehatan Anda pun bisa terus terjaga.

Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang cocok dijadikan pengencer dahak. Melansir Well Nourished (wellnourished.com.au), cuka apel mengandung antibakteri sehingga baik untuk tubuh. Anda bisa mencampur 1 sdt cuka apel dalam segelas teh herbal yang Anda minum.

Baca Juga: Aman, begini 5 cara mengeluarkan dahak dari paru-paru

Nanas

Mengonsumsi nanas jadi cara mengeluarkan dahak di tenggorokan.

Mengonsumsi buah nanas jadi cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang patut Anda coba. Alasannya karena jenis buah itu mengandung banyak senyawa yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah bromelain.

Bromelain berperan sebagai antiinflamasi yang efektif menyembuhkan peradangan di saluran pernapasan. Tidak berhenti sampai di situ, bromelain juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga membantu Anda untuk cepat sembuh.

Beberapa Jenis Rempah

Well Nourished menyebutkan bahwa jahe, kunyit, dan beberapa jenis rempah yang lain cocok dijadikan pengencer dahak. Rempah-rempah tersebut memberikan efek hangat dalam tubuh sehingga tekstur dahak menjadi lebih encer. Jadi, dahak lebih mudah untuk dikeluarkan.

Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mengolah rempah-rempah itu menjadi minuman hangat. Usahakan untuk minum air rebusan rempah secara teratur supaya dahak berkurang dan sistem pernapasan Anda menjadi tetap sehat.

Baca Juga: Ingin tahu cara mengeluarkan dahak? Coba 6 hal ini, yuk

Minyak Ikan

Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan minyak ikan sebagai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan. Sama seperti beberapa bahan alami yang telah disebutkan, minyak ikan bisa meredakan inflamasi di saluran pernapasan.

Anda bisa mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen yang dijual di apotek. Namun, cobalah untuk mengonsumsinya secara alami terlebih dahulu. Anda bisa mendapat minyak ikan di salmon, sardin, tuna, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×