kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin tahu cara mengeluarkan dahak? Coba 6 hal ini, yuk


Kamis, 02 September 2021 / 11:10 WIB
Ingin tahu cara mengeluarkan dahak? Coba 6 hal ini, yuk
ILUSTRASI. Minum air putih termasuk salah satu cara mengeluarkan dahak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dahak atau lendir memang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kondisi kering dan melawan infeksi. Namun, jumlah lendir berlebih justru jadi salah satu tanda penyakit. Cara mengeluarkan dahak pun perlu segera Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

Secara umum, dahak diproduksi di saluran pernapasan, seperti paru-paru dan tenggorokan. Nah, ada beberapa faktor yang dapat memicu bertambahnya produksi dahak dalam tubuh. Mulai dari infeksi flu, alergi, asap rokok, hingga masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com), cara menghilangkan dahak yang perlu Anda lakukan adalah menjaga udara supaya tetap lembab. Anda bisa meletakkan humidifier di ruangan di mana Anda melakukan aktivitas.

Selain memakai humidifier, masih banyak cara mengeluarkan dahak di paru-paru lainnya yang bisa Anda praktikkan. Namun, jika kondisi Anda tak kunjung membaik dan muncul kondisi lain yang lebih parah, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 8 Obat herbal pereda batuk yang bahannya mudah didapat

Makan Buah

Makan buah termasuk salah satu cara mengeluarkan dahak yang bisa Anda coba. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi banyak serat yang berasal dari buah mampu menurunkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan kemunculan dahak.

Pakai Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa dimanfaatkan sebagai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan, lo. Selain digunakan bersama humidifier, Anda bisa mengoleskan jenis minyak itu di bagian dada dan leher. Mandi dengan air hangat yang dicampur minyak kayu putih juga bisa jadi pilihan.

Minum Air Putih

Medical News Today mengatakan bahwa minum air putih termasuk dalam daftar cara mengencerkan dahak yang cukup efektif. Dahak yang lebih encer lebih mudah untuk dikeluarkan sehingga penyumbatan pun dapat Anda hindari.

Hindari Kafein

Supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein, ya. Kafein dapat memperparah dahak dalam tubuh Anda. Selain kafein, minuman beralkohol juga bisa memberikan efek buruk yang sama.

Baca Juga: 4 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru, pakai bahan alami

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam termasuk cara mengeluarkan dahak.

Selain mengatasi tenggorokan berdahak, berkumur dengan air garam juga bisa Anda lakukan untuk menghindari iritasi pada saluran pernapasan. Anda perlu mencampur 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Aduk rata lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

Hindari Asap Rokok

Seperti yang telah dikatakan, merokok bisa jadi penyebab bertambahnya jumlah dahak. Maka dari itu, cara mengeluarkan dahak selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Meski Anda bukan perokok aktif, asap rokok dari orang lain juga perlu Anda hindari.

Selanjutnya: Mudah dibuat sendiri, jus nanas campur madu bisa mengobati batuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×