kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,36   -6,58   -0.66%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Disebut cemari Teluk Jakarta, kenali fungsi paracetamol, dosis, dan efek sampingnya


Senin, 04 Oktober 2021 / 13:19 WIB
Disebut cemari Teluk Jakarta, kenali fungsi paracetamol, dosis, dan efek sampingnya
ILUSTRASI. Disebut cemari Teluk Jakarta, kenali fungsi paracetamol, dosis, dan efek sampingnya. ANTARA FOTO/Dewi Fajriani.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Paracetamol disebut-sebut mencemari Teluk Jakarta. Acetaminophen atau paracetamol adalah salah satu jenis obat yang cukup sering diresepkan dokter. 

Manfaat paracetamol kerap digunakan untuk pengobatan demam hingga nyeri. Dikutip dari Healthline, nama generik dari paracetamol adalah Tylenol dan Nocro.

Obat ini juga dijual dengan banyak nama merek dagang dan merupakan kategori obat bebas. Karena itu, acetaminophen bisa dibeli dengan mudah di apotek meskipun tanpa resep dokter. 

Baca Juga: Wajib coba, ini 4 obat gigi ngilu plus cara mencegahnya

Fungsi paracetamol 

Fungsi paracetamol adalah untuk meredakan nyeri ringan atau sedang. Biasanya nyeri karena pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri tubuh atau otot, kram menstruasi, radang sendi, atau sakit gigi. 

Fungsi paracetamol lainnya untuk menurunkan demam. Manfaat paracetamol bukan tidak untuk mengurangi pembengkakan atau peradangan.

Sebaliknya, fungsi paracetamol adalah menghalangi pelepasan bahan kimia tertentu di otak yang menandakan sensasi rasa sakit.

Obat ini merupakan kombinasi senyawa hidrokodon dan asetaminofen. Hydrocodone adalah opioid (narkotika), dan acetaminophen adalah analgesik (pereda nyeri). Kedua obat tersebut digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Obat ini bekerja di otak Anda untuk memblokir sinyal rasa sakit. Mereka menurunkan kemampuan tubuh untuk merasakan sakit.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan secara alami, konsumsi 5 makanan ini




TERBARU

[X]
×