kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib coba, ini 4 obat gigi ngilu plus cara mencegahnya


Senin, 04 Oktober 2021 / 11:59 WIB
Wajib coba, ini 4 obat gigi ngilu plus cara mencegahnya
ILUSTRASI. Obat gigi ngilu bisa Anda dapatkan dari bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi ngilu merupakan kondisi yang Anda alami saat lapisan gigi mengalami kerusakan. Tentu saja hal itu membuat Anda tak nyaman, apalagi saat mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan obat gigi ngilu.

Sebelum mengenal bahan alami apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati gigi ngilu, anda pelru memilih pasta gigi yang tepat. Healthline (healthline.com) merekomendasikan untuk memakai pasta gigi desensitisasi.

Jenis pasta gigi itu mengandung senyawa yang mampu melindungi sistem saraf dari penyebab gigi ngilu. Selain memilih pasta gigi yang sesuai, ada baiknya bagi Anda untuk memakai sikat gigi dengan bulu halus dan berkumur memakai obat kumur rendah asam.

Nah, gigi ngilu juga bisa diobati dengan bahan-bahan berikut ini. Namun, perlu diingat bahwa bahan alami hanya bisa jadi obat sementara. Supaya gigi ngilu bisa teratasi secara maksimal, usahakan untuk tetap pergi ke dokter gigi.

Baca Juga: 4 Obat sakit gigi alami yang bahannya mudah didapatkan

Madu dan Air Hangat

Anda perlu mencampur satu sendok madu dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Antibakteri yang terdapat dalam madu efektif meredakan gigi ngilu dan mengobati peradangan yang muncul di bagian gusi atau bagian mulut yang lain.

Teh Hijau

Teh hijau berguna sebagai obat gigi ngilu.

Selain cocok dijadikan penurun berat badan, teh hijau pun dapat Anda manfaatkan sebagai obat gigi ngilu, lo. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya, berkumurlah dengan air teh hijau tanpa pemanis. Lakukan hal tersebut dua kali dalam sehari.

Garam

Bahan alami berikutnya yang sudah umum digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi adalah air garam. Bukan tanpa alasan, antiseptik dalam air garam mampu meredakan inflamasi dan mengurangi rasa sakit. Anda hanya perlu berkumur dengan air garam sebanyak dua kali sehari.

Kunyit

Kunyit bisa jadi obat gigi ngilu.

Obat gigi ngilu berikutnya yang layak Anda coba adalah kunyit. Sama seperti bahan alami yang lain, kunyit mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan. Caranya, oleskan bubuk kunyit pada gigi yang terasa sakit.

Baca Juga: Manfaatkan bahan alami ini untuk obati gusi bengkak

Cara Mencegah Gigi Ngilu

Supaya gigi ngilu tak Anda alami secara terus-menerus, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Melansir Healthline, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut secara teratur.

Seperti yang telah disebutkan, Anda perlu memilih sikat gigi, pasta gigi, dan obat kumur yang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, hindari mengonsumsi makanan asam terlalu banyak untuk menjaga kondisi enamel gigi. Tak hanya itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri ke dokter gigi.

Selanjutnya: Mudah Anda dapatkan, coba 5 obat sakit gigi ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×