kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah Anda dapatkan, coba 5 obat sakit gigi ini, yuk


Sabtu, 02 Oktober 2021 / 11:00 WIB
Mudah Anda dapatkan, coba 5 obat sakit gigi ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit gigi bisa terjadi karena banyak faktor. Supaya rasa sakit dan tidak nyaman bisa hilang, obat sakit gigi perlu Anda gunakan. Sebelum itu, Anda perlu memerhatikan kebersihan gigi dan mulut.

Supaya kebersihan gigi dan mulut bisa terjaga, cobalah untuk rutin menyikat gigi, minimal dua kali dalam sehari. Memakai benang gigi dan obat kumur juga perlu Anda lakukan supaya tak ada sisa makanan yang tertinggal.

Sisa makanan yang tak dibersihkan memicu kemunculan zat asam yang merusak lapisan gigi. Ketika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin kesehatan gigi dan mulut terganggu. Nah, beberapa bahan alami di bawah ini bisa Anda pakai sebagai cara mengobati sakit gigi.

Namun, perlu diingat bahwa obat sakit gigi alami ini hanya bersifat sementara, ya. Apabila sakit gigi terus berlangsung dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat langkah perawatan yang tepat.

Baca Juga: Dari bahan alami, ini 4 cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri

Bawang Putih

Melansir Dabur (dabur.com), bawang putih bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang karena mengandung antibiotik. Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa mengombinasikan bawang putih dengan sedikit garam. Aplikasikan campuran bahan alami itu pada gigi sampai rasa sakit berkurang.

Peppermint Oil

Salah satu jenis minyak yang dapat Anda gunakan sebagai obat sakit gigi adalah peppermint oil. Kandungan dalam minyak tersebut bisa membuat mati rasa hingga sakit gigi berkurang.

Pertama, campur 2 tetes peppermint oil dengan 2 tetes minyak zaitun pada kapas. Aplikasikan kapas itu pada gigi yang sakit selama 10 hingga 15 menit. Anda bisa mengulangi Caracmengatasi sakit gigi itu beberapa kali sampai sakit gigi benar-benar hilang.

Timun

Timun berguna sebagai obat sakit gigi.

Tahukah Anda jika timun bisa dipakai sebagai cara menghilangkan sakit gigi? Anda perlu memarut timun lalu mencampurnya dengan beberapa tetes air perasan lemon. Setelah itu, aduk rata dan aplikasikan pada gigi yang sakit. Setelah 10 menit, berkumurlah dengan air dingin.

Baca Juga: Dari bahan alami, coba 5 rekomendasi obat panas dalam ini

Bawang Merah

Bawang merah dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi.

Selain bawang putih, Dabur juga merekomendasikan bawang merah sebagai cara meredakan sakit gigi. Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Aplikasikan bawang merah yang sudah dikupa pada bagian gigi yang sakit selama 10 menit. Setelah itu, berkumurlah memakai air hangat.

Garam

Garam jadi obat sakit gigi berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Kandungan dalam bahan alami itu mampu mengurangi rasa sakit dan menetralkan keasaman yang meningkat akibat sisa makanan. Caranya, berkumurlah dengan segelas air hangat yang dicampur garam. Ulangi terus sampai sakit gigi hilang.

Itulah beberapa pilihan bahan alami yang bisa Anda pakai untuk menyembuhkan sakit gigi. Namun, bila sakit gigi tak kunjung hilang dalam jangka waktu lama, usahakan untuk segera pergi ke dokter gigi, ya.

Selanjutnya: 8 Obat sakit gigi alami yang bahannya mudah didapatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×