kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dengan olahraga yang tepat, penyakit diabetes bisa diatasi


Selasa, 15 September 2020 / 12:20 WIB
Dengan olahraga yang tepat, penyakit diabetes bisa diatasi
ILUSTRASI. Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang cocok dilakukan penderita penyakit diabetes.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Olahraga dan aktivitas fisik penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk seseorang yang menderita penyakit diabetes. Sayangnya, olahraga yang tak tepat justru menyebabkan komplikasi dan memperparah diabetes.

Cara menurunkan gula darah bisa dilakukan dengan rutin olahraga. Saat melakukan aktivitas fisik, gula darah akan dibakar dan diubah menjadi energi. Seiring berjalannya waktu, resistensi insulin menurun sehingga bisa mengobati penyebab diabetes tipe 2.

Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Physical and Rehabilitation Medicine. Partisipan yang melakukan olahraga secara rutin selama delapan minggu, rata-rata mengalami penurunan gula darah sebanyak 5,12 poin.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Jiroft University of Medical Science menunjukkan hasil serupa. Penelitian melibatkan 28 wanita yang memiliki penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga: Awas, 9 gejala diabetes ini kerap tak disadari

Sebanyak 14 wanita rutin melakukan olahraga selama delapan minggu, sementara 14 wanita lainnya tidak olahraga. Hasilnya, 14 wanita yang rutin olahraga memiliki gula darah dan resistansi insulin lebih rendah dibanding yang tidak olahraga.

Frekuensi olahraga yang dibutuhkan penderita penyakit diabetes

Mengutip dari Insider, penderita diabetes perlu melakukan olahraga selama 150 menit tiap minggu. Jika belum terbiasa olahraga, Anda bisa memulainya dengan frekuensi ringan terlebih dahulu. Bahkan, jalan-jalan dan berkebun bisa terhitung sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba olahraga lain yang sesuai dengan kesukaan Anda. Misalnya, berenang, bermain tenis, atau bersepeda. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa meningkatkan frekuensi olahraga yang memiliki dampak besar, seperti olahraga aerobik atau resistance training.

Pada penderita diabetes tipe 1, olahraga bisa menurunkan banyak gula darah. Jika jumlah gula darah terlalu sedikit, dikhawatirkan seseorang akan mengalami komplikasi hingga koma. Penderita diabetes tipe 1 perlu merencakan program olahraga yang tepat.

Baca Juga: Mudah dilakukan, inilah cara menurunkan gula darah secara alami




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×