Dari bahan alami, coba 6 rekomendasi obat maag ini

Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dari bahan alami, coba 6 rekomendasi obat maag ini

ILUSTRASI. Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, ada beberapa obat maag yang bisa Anda konsumsi. KONTAN/Muradi/26/06/2010


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maag adalah salah kondisi tidak nyaman yang terjadi di sekitar lambung. Biasanya, Anda mengalami hal itu karena asam lambung naik. Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, ada banyak obat maag yang bisa Anda konsumsi.

Selain menyebabkan sakit perut, asam lambung naik juga bisa menimbulkan heartburn atau sensasi terbakar. Kondisi itu biasa muncul di bagian perut, dada, hingga saluran pencernaan bagian atas. Tentu saja Anda perlu segera mengatasinya.

Jika dibiarkan, asam lambung bisa merusak dinding lambung. Saat hal itu terjadi, bukan tidak mungkin Anda mengalami masalah kesehatan yang lebih parah. Nah, cobalah untuk mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan ini.

Permen Karet

My Food Data (myfooddata.com) mengatakan bahwa mengunyah permen karet bisa jadi salah satu cara menurunkan asam lambung yang efektif. Cobalah untuk mengunyah permen karet dalam kurun waktu satu jam setelah Anda makan besar. Berjalan setelah makan juga bisa menurunkan asam lambung.

Baca Juga: Bisa jadi pilihan, inilah 5 obat herbal sakit perut

Jahe

Jahe juga bisa jadi obat maag, lo. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu melawan efek asam lambung naik dan meredakan peradangan. Anda bisa menggunakan jahe dalam berbagai cara. Mulai dari mengolahnya dalam menu sehat yang Anda konsumsi atau mengonsumsi air rebusan jahe.

Melon

Apakah Anda gemar mengonsumsi buah melon? Ternyata jenis buah itu termasuk salah satu obat maag, lo. Meski demikian, pastikan untuk tidak mengonsumsi melon dalam jumlah yang berlebihan, ya. Terlalu banyak mengonsumsi lemon justru bisa menimbulkan efek samping.

Pisang

Supaya jumlah asam lambung lebih terkontrol, cobalah untuk rutin mengonsumsi pisang. Kalium yang terdapat dalam buah pisang efektif menyeimbangkan pH lambung sehingga heartburn dan gejala maag yang lain dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga: Inilah 4 pantangan asam lambung yang perlu Anda hindari

Putih Telur

Mengutip dari My Food Data, asam lambung berlebih dapat berkurang saat Anda mengonsumsi putih telur. Kuning telur juga bisa ikut Anda konsumsi secara rutin karena mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, pastikan Anda tidak alergi terhadap jenis makanan itu, ya.

Tahu

Tahu bisa dimanfaatkan sebagai obat maag.

Supaya kesehatan lambung terjaga, tak ada salahnya untuk mengonsumsi tahu secara teratur. Produk olahan kacang kedelai itu mengandung banyak protein nabati dan memiliki sedikit lemak sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selanjutnya: Gejala asam lambung naik dan makanan yang harus Anda hindari, kenali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru