Bisa jadi pilihan, inilah 5 obat herbal sakit perut

Kamis, 01 Juli 2021 | 14:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi pilihan, inilah 5 obat herbal sakit perut

ILUSTRASI. Jahe dan bahan alami yang lain bisa Anda gunakan sebagai obat herbal sakit perut.


KONTAN.CO.ID - Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut. Supaya kondisi kesehatan tak memburuk, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi obat herbal sakit perut.

Mengutip dari Medical News Today, ada beberapa gejala lain yang Anda alami saat sakit perut. Mulai dari mual, muntah, heartburn atau muncul sensasi terbakar dari perut hingga saluran pencernaan atas, perut kembung, hingga cegukan.

Beberapa bahan dalam artikel ini bisa Anda coba untuk meredakan sakit perut. Namun, jika sakit yang Anda rasakan tak kunjung berkurang, bahkan gejalanya semakin parah, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya.

Jahe

Jahe termasuk salah satu obat herbal sakit perut yang cukup efektif. Selain mengatasi sakit perut, jenis rempah itu juga bisa digunakan untuk meredakan mual, muntah, dan diare. Cobalah untuk sering mengonsumsi jahe sampai sakit perut berkurang.

Baca Juga: Perlu Anda Perhatikan, Ini 4 Gejala Penyakit Maag

Kayu manis

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk menyembuhkan sakit perut dengan kayu manis. Alasannya karena bahan alami itu mengandung banyak antioksidan yang bisa mengurangi iritasi di saluran pencernaan.

Selain meredakan sakit perut, kayu manis juga bisa digunakan untuk mengurangi heartburn, lo. Cobalah untuk mengonsumsi air rebusan kayu manis secara rutin.

Selain itu, mengkombinasikan 1 sdt bubuk kayu manis atau 1 inci kayu manis pada makanan yang Anda konsumsi juga bisa Anda jadikan pilihan.

Lidah buaya

Jika Anda mencari obat herbal sakit perut, tak ada salahnya untuk mencoba lidah buaya. Tidak hanya mengobati sakit perut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk memperlancar buang air besar, meningkatkan penyerapan protein, menurunkan jumlah asam lambung.

Baca Juga: Buah-buahan segar yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung

Cengkih

Cengkih termasuk salah satu obat herbal sakit perut.

Saat sakit perut, cobalah untuk mengonsumsi cengkih. Bahan alami itu mampu mengurangi jumlah gas dalam perut sehingga pencernaan bisa lebih cepat. Rasa mual dan muntah pun dapat berkurang saat Anda mengonsumsi cengkih.

Kemangi

Siapa yang suka mengonsumsi kemangi? Ternyata bahan alami itu bisa digunakan sebagai obat sakit perut.

Kandungan dalam bahan alami itu mampu mengurangi jumlah gas, meredakan kram, meningkatkan nafsu makan, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Selanjutnya: Efektif mengobati asam lambung, ini manfaat terung pipit untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru