kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar pantangan sebelum vaksinasi Covid-19, jangan dilakukan!


Rabu, 22 September 2021 / 11:10 WIB
Daftar pantangan sebelum vaksinasi Covid-19, jangan dilakukan!
ILUSTRASI. Sebelum vaksin Covid-19, yang perlu kita lakukan adalah menghindari hal-hal yang bisa saja menganggu efektivitas dari vaksin.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus mengimbau agar seluruh masyarakat Indonesia mengikuti program vaksinasi Covid-19. Hal ini penting untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19. 

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang menunggu jadwal penerimaan vaksin, perlu mempersiapkan diri dengan membaca informasi yang akurat tentang keamanan dan efek samping vaksin. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui dan jika kamu memiliki kondisi khusus, seperti menderita penyakit tertentu, konsultasikan dengan dokter. 

Dr. Neha Vyas, MD, seorang dokter pengobatan keluarga di Cleveland Clinic mengatakan bahwa kita tidak perlu khawatir tentang vaksin Covid-19 ini. 

Yang perlu kita lakukan adalah menghindari hal-hal yang bisa saja menganggu efektivitas dari vaksin. 

Baca Juga: Apa boleh minum obat pereda nyeri setelah suntik vaksin Covid-19?

Daftar pantangan sebelum vaksinasi Covid-19:

Menunda jadwal dermal filler  

Ada baiknya kamu menunda jadwal dermal filler atau perawatan kecantikan lain. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada wajah, yang pernah terjadi pada beberapa orang selama uji coba fase tiga vaksin Moderna.  

Jadwal ulang mammogram (pemeriksaan payudara)  

Penemuan terbaru lainnya adalah vaksin Pfizer dan Moderna Covid-19 dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, terutama di sisi tempat suntikan diberikan. 

Baca Juga: Efek samping vaksin Covid-19 dosis tunggal Janssen dan Convidecia, apa saja?

Pembengkakan ini telah disalah artikan sebagai benjolan payudara. Karenanya, jadwalkan ulang pemeriksaan mamografi hingga empat minggu setelah mendapatkan dosis kedua vaksin. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×