Daftar makanan untuk penderita asam urat ini bisa jadi opsi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Daftar makanan untuk penderita asam urat ini bisa jadi opsi

KONTAN.CO.ID - Mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat bisa jadi salah satu cara menjaga kesehatan. Tentu saja, Anda perlu mengonsumsinya sesuai dengan saran yang diberikan dokter.

Jumlah asam urat yang terus bertambah berdampak buruk bagi kesehatan. Alasannya, asam urat biasanya menumpuk di bagian sendi sehingga memicu inflamasi.

Jika terus dibiarkan, bagian sendi akan meradang sehingga menyulitkan Anda untuk melakukan banyak kegiatan. Nah, beberapa makanan di bawah ini perlu rutin Anda konsumsi supaya peradangan tak terjadi.

Selain itu, pastikan untuk tetap membicarakan kondisi kesehatan Anda dengan dokter, ya. Jika memang dibutuhkan, dokter akan memberikan perawatan tambahan untuk menjaga kondisi Anda tetap sehat.

Makan pisang

Health Shots menyebutkan, makan pisang dapat menurunkan jumlah asam urat dalam darah. Artinya, risiko radang sendi dan jenis penyakit lain yang berhubungan dengan asam urat dapat berkurang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi buah-buahan untuk tekanan darah tinggi

Minum kopi

Kopi bisa jadi makanan untuk penderita asam urat.

Apakah Anda gemar minum kopi? Ternyata, kebiasaan itu berdampak baik bagi tubuh karena bisa mengurangi asam urat. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang rutin minum kopi mengalami risiko asam urat yang lebih rendah.

Namun, bukan berarti Anda bisa minum kopi dalam jumlah banyak, ya. Usahakan untuk minum kopi dalam batas wajar. Tujuannya supaya tak ada efek samping yang perlu Anda alami, seperti sulit tidur dan lain-lain.

Konsumsi teh hijau

Melansir Health Shots, teh hijau jadi bahan alami lain yang mampu menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh. Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi teh hijau juga mampu menurunkan berat badan yang mana mengurangi risiko asam urat yang lebih parah.

Baca Juga: Purin tinggi memicu masalah kesehatan, hindari makanan berpurin tinggi berikut ini

Makan apel

Buah apel termasuk makanan untuk penderita asam urat.

Apel termasuk makanan untuk penderita asam urat yang layak Anda coba. Buah apel mengandung jenis serat yang bisa menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh. Serat dalam apel akan menyerap asam urat di darah kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ, buah apel kaya akan asam malat sehingga efek asam urat tinggi dapat lebih terkontrol. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengonsumsi apel. Mulai dari menjadikannya salad, mengolahnya menjadi jus, dan lain-lain.

Selanjutnya: Cocok jadi obat herbal asam lambung, coba 6 makanan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru