5 Rekomendasi buah-buahan untuk tekanan darah tinggi

Selasa, 14 September 2021 | 09:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Rekomendasi buah-buahan untuk tekanan darah tinggi

ILUSTRASI. Berbagai macam buah-buahan untuk tekanan darah tinggi bisa Anda jadikan pilihan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan penderita hipertensi adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Supaya kesehatan lebih terkontrol, ada beberapa jenis buah-buahan untuk tekanan darah tinggi yang perlu rutin Anda konsumsi.

Jika tekanan darah tinggi terus dibiarkan, ada banyak risiko kesehatan yang perlu Anda hadapi. Mulai dari penyakit jantung, stroke, dan masalah lain yang lebih parah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis buah tertentu bisa jadi obat hipertensi.

Kendati demikian, bukan berarti Anda mengabaikan obat yang diresepkan dokter dan pola hidup sehat yang lain, ya. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter secara teratur. Dengan begitu, kondisi kesehatan bisa tetap terpantau.

Pisang

Pisang jadi jenis buah pertama yang bisa dikonsumsi penderita hipertensi secara teratur. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstodat.com), satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 mg kalium.

Kandungan itulah yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Meski mudah dicari dan dikonsumsi, bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsi pisang. Khususnya bagi Anda yang menderita penyakit ginjal. Usahakan untuk membicarakannya dulu ke dokter untuk menghindari efek samping.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi asam urat tinggi tanpa obat-obatan, mau coba?

Kiwi

Penggemar kiwi patut berbahagia karena bahan alami itu termasuk dalam daftar buah-buahan untuk tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, makan tiga kiwi per hari selama delapan minggu efektif mengontrol tekanan darah. Alasannya karena kiwi mengandung banyak vitamin C.

Delima

Apakah Anda suka makan buah delima? Ternyata, jenis buah itu cocok dijadikan obat hipertensi, lo. Melansir Medical News Today, minum segelas jus delima selama 28 hari mampu menurunkan tekanan darah. Manfaat delima itu berasal dari banyaknya antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah-buahan untuk tekanan darah tinggi.

Semangka termasuk buah-buahan untuk tekanan darah tinggi yang bisa jadi opsi. Asam amino yang terkandung dalam semangka mampu membantu tubuh memproduksi oksida nitrat. Dengan begitu, pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga aliran darah pun menjadi lancar.

Baca Juga: Bisa Anda coba, sayur dan buah ini efektif bisa menurunkan gula darah

Buah Beri

Berbagai jenis buah beri, seperti bluberi dan stroberi, mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kondisi tubuh. Penelitian yang melibatkan lebih dari 34.000 penderita hipertensi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi bluberi atau stroberi mampu menurunkan tekanan darah hingga 8%.

Antosianin, salah satu jenis antioksidan dalam buah berilah yang mendatangkan efek tersebut. Supaya manfaat itu bisa Anda rasakan, cobalah untuk mengonsumsi buah beri secara teratur. Anda bisa mengolahnya jadi smoothie, salad, atau memakannya dengan oatmeal.

Selanjutnya: Menurunkan gula darah, berikut 5 manfaat daun kelor

Editor: Belladina Biananda
Terbaru