kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45848,26   8,64   1.03%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Rekomendasi Kemenkes


Kamis, 30 Mei 2024 / 07:16 WIB
Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Rekomendasi Kemenkes
ILUSTRASI. Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Banyak yang mengira bahwa penyakit kolesterol tinggi hanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia atau memiliki berat badan yang melebihi batas ideal. 

Anggapan itu salah. Pasalnya, penyakit kolesterol tinggi tidak mengenal usia dan kondisi badan seseorang. 

Melansir laman Kemkes.go.id, kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia disebabkan oleh tingkat kolesterol yang terkandung dalam darah melebihi batas normal. 

Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sejatinya diproduksi secara alami di hati, namun ada pula yang didapat dari beberapa jenis makanan.

Kondisi kolesterol tinggi bisa sangat berbahaya, sebab, penderita akan sangat berisiko untuk terserang beberapa penyakit serius seperti serangan jantung, stroke.

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan penurun kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. 

Selain menggunakan obat penurun kolesterol, Anda juga harus memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi serta ada juga berbagai pilihan makanan sehat yang diketahui mampu mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Berikut adalah makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi, rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (kemenkes):

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsi Jahe Merah di Rumah

1. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian, seperti biji bunga matahari, gandum, dan chia seed, juga termasuk dalam jenis makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi. 

Jenis makanan ini kaya akan vitamin, mineral, protein, lemak sehat, antioksidan, serta serat larut yang disebut beta-glukan. 

Berkat beragam nutrisi dan serat di dalamnya, biji-bijian baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi penyerapan kolesterol di dalam saluran cerna.

Baca Juga: Mengobati Batuk Berdahak, Sederet Manfaat Daun Suji yang Kaya Antioksidan




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×