Daftar buah dan sayur penambah darah untuk membantu penyembuhan anemia

Kamis, 03 Desember 2020 | 04:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Daftar buah dan sayur penambah darah untuk membantu penyembuhan anemia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah zat besi yang terlalu sedikit membuat tubuh kekurangan darah atau anemia. Karena kekurangan darah, suplai oksigen di seluruh bagian tubuh terganggu sehingga Anda mudah lelah, dan pusing. Untuk menghindari hal itu, cobalah konsumsi buah dan sayur penambah darah berikut ini.

Sayuran Hijau

Anda bisa mengonsumsi sayur penambah darah yang mengandung banyak zat besi, seperti bayam atau kale. Mengutip dari Live Kindly (livekindly.co), Anda bisa mendapat lebih banyak zat besi dari 100 g bayam daripada sumber zat besi hewani lain. Misalnya, daging merah, telur, salmon, dan ayam.

Anda dapat mengolah sayuran hijau menjadi berbagai macam hidangan. Mulai dari sayur bening, salad, smoothie, atau jenis masakan lainnya. Selain bayam dan kale, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau kaya zat besi lain, seperti brokoli, kecambah, kobis, dan lain sebagainya.

Kentang

Selain sayur penambah darah tersebut, Anda juga bisa menambah jumlah darah dengan mengonsumsi beberapa jenis umbi, misalnya kentang. Anda bisa memenuhi 18% kebutuhan zat besi harian Anda dari mengonsumsi kentang. Namun, pastikan untuk memakan kulitnya juga, ya.

Baca Juga: 5 Cara meningkatkan hemoglobin terbaik ini patut dicoba

Anda bisa menumbuk, mengiris, merebus, dan memanggang kentang menjadi berbagai macam hidangan. Selain kentang, ubi manis juga bisa dijadikan pilihan. Ubi manis mampu memenuhi 12% zat besi harian Anda.

Jamur

Live Kindly mengatakan bahwa jamur kancing dan jamur tiram bisa Anda gunakan untuk menambah jumlah darah dalam tubuh. Anda bisa mencampurkan jenis jamur tersebut dengan makanan penambah darah lain, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, kentang, dan lain sebagainya.

Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah dan sayur penambah darah yang bisa Anda konsumsi.

Selain sumber makanan yang telah disebutkan, jumlah darah dalam tubuh Anda juga bisa bertambah dengan mengonsumsi stroberi. Jenis buah ini mengandung banyak vitamin C yang bisa memaksimalkan penyerapan zat besi. Artinya, produksi darah Anda bisa meningkat.

Baca Juga: 6 Makanan penambah darah yang wajib Anda coba

Pisang

Pisang jadi buah selanjutnya yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk mengatasi anemia yang Anda alami. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan asam folat dan vitamin B 12. Cobalah untuk mencampur pisang dengan madu atau mengolahnya dengan cara lain agar rasanya semakin lezat.

Selanjutnya: 6 Manfaat minyak ikan, bisa menyehatkan jantung,

Editor: Belladina Biananda


Terbaru