kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 5 Obat Asam Urat Alami yang Aman Untuk Dikonsumsi


Kamis, 22 September 2022 / 13:52 WIB
Daftar 5 Obat Asam Urat Alami yang Aman Untuk Dikonsumsi
ILUSTRASI. Teh adalah salah satu obat asam urat alami


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Salah satu cara mengatasi asam urat tinggi adalah dengan mengkonsum obat asam urat alami. Terdapat beberapa obat asam urat alami yang aman untuk dikonsumsi dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Asam urat tinggi adalah penyakit yang tidak boleh dibiarkan. Pasalnya, asam urat yang menumpuk biasanya akan menimbulkan inflamasi dan menimbulkan rasa sakit, salah satunya di bagian sendi.

Selain menimbulkan rasa sakit asam urat juga kerap menimbulkan pembengkakan di jari, lutut, hingga pergelangan kaki. Oleh sebab itu, mengkonsumsi obat asam alami penting untuk dilakukan sebelum timbul gejala-gejala tersebut.

Baca Juga: 4 Obat Jamur Kuku Alami yang Mudah Dicari, Mau Coba?

Sebelum mengkonsumsi obat asam urat alami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter supaya mengantisipasi efek samping dan memaksimalkan manfaat dari obat asam urat alami.

Lantas apa saja obat asam urat alami yang aman untuk dikonsumsi?

Melansir dari Health X Change, berikut ada beberapa obat asam urat alami yang aman untuk dikonsumsi:

Teh

Penderita asam urat tinggi bisa mengkonsumsi teh herbal sebagai salah satu alternatif obat asam urat. Pasalnya, teh adalah salah satu obat asam urat alami yang mudah pula untuk didapatkan. Meski demikian, jangan pula mengkonsumsi teh secara berlebihan.

Telur

Obat asam urat alami selanjutnya Anda bisa mengkonsumsi telur. Selain dapat menurunkan asam urat tinggi, telur juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi. Namun, pastikan Anda mengolah telur dengan benar dan tidak menghilangkan protein atau nutrisi di dalamnya.

Baca Juga: 4 Penyebab Telat Haid yang Kerap Luput Dari Perhatian, Catat!

Produk Olahan Susu

Berbagai jenis produk olahan susu juga merupakan salah satu obat asam urat alami. Namun, pastikan Anda mengkonsumsi produk olahan susu yang mengandung lemak rendah. Sehingga baik untuk asam urat dan tidak menambah berat Anda secara signifikan.

Buah

Buah adalah obat asam urat alami yang penting untuk dikonsumsi. Selain ampuh menurunkan asam urat, buah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Carilah buat yang mengandung banyak vitamin C.

Baca Juga: Waspada 4 Penyebab Kencing Berdarah yang Mungkin Anda Alami

Sayuran

Obat asam urat alami yang tidak boleh terlewatkan adalah sayuran. Selain buah, sayuran juga dapat dijadikan alternatif mengatasi asam urat tinggi. Sayuran juga relatif mudah untuk didapatkan dan bisa dengan mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Meski demikian, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari penderita asam urat tinggi. Contohnya, seperti bayam, jamur, kol dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×