4 Penyebab Telat Haid yang Kerap Luput Dari Perhatian, Catat!

Kamis, 22 September 2022 | 11:16 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Penyebab Telat Haid yang Kerap Luput Dari Perhatian, Catat!

ILUSTRASI. Penyebab telat haid


KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab telat haid yang paling banyak dialami adalah kehamilan. Namun, selain itu ada beberapa penyebab telat haid yang kerap luput dari perhatian. 

Bagi seorang wanita atau perempuan siklus haid adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jika mengalami telat haid dapat dikatakan adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. 

Jika Anda mengalami telat haid apalagi sampai berbulan-bulan segeralah untuk periksa ke dokter. Supaya bisa segera diberikan pengobatan dan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Waspada 4 Penyebab Kencing Berdarah yang Mungkin Anda Alami

Melansir dari Very Well Health, berikut beberapa penyebab telat haid yang kerap luput dari perhatian, di antaranya:

Olahraga Ekstrem

Anda perlu berhati-hati jika sering melakukan olahraga ekstream. Pasalnya, olahraga ekstrem dapat menjadi salah satu penyebab telat haid. 

Hal tersebut dikarenakan olahraga ekstrem berpengaruh terhadap hormon yang berkaitan dengan siklus haid atau menstruasi. Sehingga jika Anda terlalu sering melakukan olahraga secara ekstrem akan berpengaruh terhadap siklus haid.

Stres

Penyebab telat haid yang kerap luput dari perhatian adalah stres. Kenapa stres dapat mempengaruhi siklus haid? 

Pasalnya, saat Anda mengalami stres produksi hormon  khususnya yang berkaitan dengan haid dalam tubuh juga ikut terganggu. Akibatnya, saat stres cenderung membuat Anda telat haid. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengatur stres dan menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Bali United vs Persikabo 1973 Pekan 11 Tayang 20.30 WIB

Perubahan Berat Badan Drastis

Penyebab telat haid selanjutnya bisa disebab saat Anda mengalami perubahan berat badan secara drastis. Hal tersebut baik bertambahnya atau berkurang dratis sekalipun. 

Pasalnya, perubahan berat badan secara drastis dapat mengganggu produksi estrogen dan progesteron dalam tubuh. Sehingga berdampak pada siklus haid yang telat atau terganggu.

Mengkonsumsi Obat Tertentu

Salah satu penyebab telat haid yang tak boleh terlewatkan adalah saat mengkonsumsi obat tertentu. Terdapat beberapa jenis obat tertentu yang bisa mempunyai Anda telat haid. 

Contoh jenis obat yang bisa membuat telat haid seperti, obat antidepresan, obat tiroid, kemoterapi, kontrasepsi dan berbagai jenis obat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru