Cocok jadi obat hipertensi, coba 5 makanan ini, yuk

Senin, 20 September 2021 | 10:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cocok jadi obat hipertensi, coba 5 makanan ini, yuk

ILUSTRASI. Obat hipertensi bisa Anda dapatkan dari bahan-bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam cara menurunkan tekanan darah perlu Anda lakukan. Misalnya, mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa Anda jadikan obat hipertensi. Tak perlu khawatir, beberapa jenis makanan dalam artikel ini cukup mudah untuk ditemukan.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang makanan apa yang baik untuk penderita hipertensi, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan. Usahakan untuk mengolah makanan-makanan ini tanpa garam, ya.

Melansir Web MD (webmd.com), garam menambah jumlah natrium yang ada dalam tubuh. Jika hal itu terus terjadi, pembuluh darah menjadi kesulitan untuk rileks atau mengendur. Akibatnya, tekanan darah menjadi lebih sulit dikontrol.

Nah, supaya natrium berlebih yang sudah ada dalam tubuh dapat berkurang, Anda perlu rutin mengonsumsi makanan-makanan ini. Nutrisi yang terdapat di dalamnya juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi buah-buahan untuk tekanan darah tinggi

Yogurt

Jenis makanan pertama yang dapat dijadikan obat hipertensi adalah yogurt. Supaya efeknya lebih terasa, usahakan untuk memilih plain yoghurt atau yogurt rendah lemak, ya. Kalsium yang terdapat dalam produk olahan susu itu juga membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Oatmeal

Makan oatmeal secara teratur bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi, lo. Oatmeal dipenuhi dengan serat yang bisa membuat Anda kenyang sehingga proses menurunkan berat badan menjadi lebih efektif. Selain itu, oatmeal juga mudah dikombinasikan dengan makanan bergizi yang lain.

Buah Beri

Apabila Anda ingin mencari obat hipertensi dari bahan alami, maka buah beri bisa Anda jadikan opsi. Buah beri, seperti stroberi atau bluberi, memiliki antioksidan yang dapat memperlebar dan meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Mau meningkatkan imun tubuh? Ini 6 makanan yang harus dikonsumsi

Bawang Putih

Bukan lagi jadi rahasia jika bawang putih berguna sebagai penurun tekanan darah tinggi. Web MD menyebutkan bahwa kandungan dalam bahan alami itu mampu meningkatkan produksi oksida nitrat. Dengan begitu, kerja jantung menjadi berkurang karena pembuluh darah yang lebih rileks.

Delima

Delima bisa Anda pakai sebagai obat hipertensi.

Delima adalah salah satu jenis buah yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi dua hingga tiga gelas buah delima supaya manfaat itu bisa Anda dapatkan. Jangan lupa untuk tidak menambahkan pemanis tambahan, ya.

Selanjutnya: Tak hanya sesak nafas, ini 9 tanda sakit jantung lainnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru