kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Coba 4 Cara Mengobati Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang Ini, Yuk


Sabtu, 22 Januari 2022 / 07:10 WIB
Coba 4 Cara Mengobati Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang Ini, Yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah gusi Anda sering bengkak? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang dalam artikel ini.

Biasanya, gigi berlubang tak hanya menimbulkan gusi bengkak. Masih banyak gejala lain yang dapat Anda alami. Mulai dari gusi berdarah, muncul rasa sakit, jarak antar gigi merenggang, hingga bau mulut yang tidak sedap.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Namun, untuk meredakan rasa sakit, Anda bisa memakai bahan-bahan alami terlebih dahulu. Misalnya, air garam, minyak zaitun, jahe, dan lain sebagainya.

Kantung Teh

Gusi bengkak yang terjadi karena gigi berlubang bisa Anda atasi memakai kantung teh, lho. Anda perlu merebus kantung teh selama 5 menit terlebih dahulu. Diamkan sebentar sampai tak terlalu panas kemudian aplikasikan pada gusi yang bengkak selama 5 menit.

Baca Juga: 6 Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri, bahannya mudah didapat

Jahe

Jahe dan bahan alami lainnya dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

Mengutip dari Art of Smiles (artofsmilespasadena.com), jahe mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang berguna untuk meredakan gusi bengkak. Bahan yang Anda butuhkan hanya sepotong jahe kecil dan ½ sdt garam.

Pertama, tumbuk jahe hingga halus dan tambahkan garam. Aduk rata kedua bahan itu hingga membentuk pasta. Kemudian, aplikasikan pasta tersebut pada gusi bengkak lalu diamkan selama 10 hingga 12 menit. Selanjutnya, kumur dengan air biasa. Ulangi cara tersebut dua hingga tiga kali sehari.

Air Garam

Air garam adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi yang mampu mengatasi peradangan. Tak hanya itu, air garam juga mampu menyeimbangkan pH mulut sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Caranya, campurkan 1 sdm garam ke segelas air hangat. Gunakan air campuran itu untuk berkumur di pagi dan malam hari. Supaya gusi bengkak bisa mengempis dengan lebih cepat, jangan lupa untuk berkumur dengan air garam setiap habis makan.

Baca Juga: Efektif, 5 cara mengatasi gigi ngilu ini pakai bahan alami

Air Lemon

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan air lemon. Lemon mengandung antimikroba sehingga infeksi bisa dicegah. Sama seperti air garam, air lemon juga mampu menyeimbangkan pH mulut.

Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah 1 sdm air lemon dan segelas air hangat. Art of Smiles merekomendasikan untuk menambah 1-2 tetes sari bunga mawar. Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×