Efektif, 5 cara mengatasi gigi ngilu ini pakai bahan alami

Kamis, 18 November 2021 | 07:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, 5 cara mengatasi gigi ngilu ini pakai bahan alami

ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami bisa Anda pakai sebagai cara mengatasi gigi ngilu. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi ngilu merupakan salah satu tanda bahwa ada masalah pada kesehatan gigi Anda. Cara mengatasi gigi perlu segera Anda praktikkan agar masalah itu tidak bertambah parah. Jika tidak, rasa sakit dan masalah kesehatan lain bisa Anda alami.

Gentle Dental (interdent.com) mengatakan bahwa ada banyak faktor penyebab gigi ngilu. Mulai dari menyikat gigi terlalu kasar, pembusukan pada gigi, masalah pada gusi, dan beberapa kondisi yang lain.

Obat gigi di apotek memang bisa Anda temukan dengan mudah. Namun, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba beberapa jenis bahan alami. Selain juga mudah didapat, bahan alami memiliki harga yang relatif terjangkau.

Minyak Kelapa

Cara mengatasi gigi ngilu yang pertama adalah dengan memakai minyak kelapa. Caranya, berkumurlah dengan 1 sdm minyak kelapa selama 2 menit. Antiinflamasi yang ada di minyak kelapa efektif meredakan rasa ngilu sehingga kesehatan gigi bisa kembali terjaga.

Baca Juga: Cara menyembuhkan sakit gigi tanpa obat, cukup dengan bahan alami

Bawang Putih

Gunakan bawang putih sebagai cara mengatasi gigi ngilu.

Bahan alami selanjutnya yang dapat Anda jadikan obat gigi ngilu adalah bawang putih. Jenis bahan alami tersebut mengandung allicin, salah satu senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Tidak berhenti sampai di situ, allicin juga berfungsi untuk menghambat infeksi bakteri.

Anda bisa mengunyah atau meletakkan potongan bawang putih pada gigi ngilu secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa mencampur bawang putih dengan minyak cengkeh, air dan garam. Aduk sampai berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada gigi ngilu selama beberapa menit.

Larutan Garam

Mengutip dari Gentle Dental, larutan garam bisa Anda pakai sebagai obat sakit gigi karena bisa meredakan inflamasi. Anda hanya perlu mencampur ½ sdt garam dalam 8 ons air. Gunakan larutan garam itu untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Jangan sepelekan! Penyebab dan gejala sakit gigi perlu diwaspadai

Teh Hijau

Cara mengatasi gigi ngilu bisa pakai teh hijau.

Cara mengatasi gigi ngilu lainnya yang perlu Anda coba adalah dengan memakai teh hijau. Sama seperti larutan garam, Anda perlu berkumur memakai teh hijau sebanyak dua kali dalam sehari. Tidak hanya mengurangi peradangan gigi dan gusi, teh hijau pun efektif menguatkan gigi Anda.

Bawang Merah

Bawang merah adalah bahan alami berikutnya yang dapat Anda pakai sebagai cara mengobati sakit gigi. Pertama, kupas kulit bawang merah lalu potong menjadi beberapa bagian. Letakkan potongan kecil bawang merah pada gigi ngilu selama 5 menit.

Selanjutnya: 4 Cara mengobati gusi bengkak, bisa dilakukan di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru