kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri, bahannya mudah didapat


Selasa, 30 November 2021 / 07:50 WIB
6 Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri, bahannya mudah didapat
ILUSTRASI. Sebelum pergi ke dokter, beberapa cara mengobati gusi bengkak bisa Anda coba.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri perlu segera Anda lakukan. Jika tidak, rasa sakit bisa semakin parah. Efeknya pada kesehatan juga tak terlalu bail. Tenang, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk Anda dapatkan.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa gusi bengkak bisa terjadi karena Anda menyikat gigi terlalu kasar. Selain itu, masih ada beberapa faktor penyebab lainnya. Mulai dari sariawan, perubahan hormon, penggunaan kawat gigi, gingivitis, atau penyakit gigi dan mulut yang lain.

Sebagai catatan, cara-cara di bawah ini bersifat sementara. Jangan tunda jadwal periksa ke dokter gigi jika Anda sudah punya waktu. Nantinya, dokter akan melihat faktor apa yang sebenarnya menyebabkan gusi Anda bengkak. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Kunyit

Beberapa jenis rempah juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri. Salah satunya adalah kunyit. Caranya, campur bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan campuran itu pada gusi bengkak selama beberapa menit kemudian berkumurlah dengan air.

Baca Juga: Daftar cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri yang efektif

Kantung Teh

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri bisa Anda atasi dengan kantung teh, lo. Tannin yang terkandung dalam teh efektif melawan infeksi bakteri yang menyebabkan gusi bengkak. Tidak hanya itu, teh juga mampu meredakan peradangan.

Pertama, Anda perlu merebus kantung teh selama beberapa menit terlebih dahulu. Diamkan beberapa saat hingga hangat lalu aplikasikan kantung teh pada bagian gusi yang sakit. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan cara tersebut selama lima menit.

Jahe

Jahe bisa digunakan untuk cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri.

Jika Anda ingin memakai bahan alami untuk mengobati gusi bengkak, tak ada salahnya untuk memakai jahe. Jenis rempah itu mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang cukup efektif meredakan rasa sakit di bagian gusi.

Lemon

Untuk mengatasi gusi bengkak, cobalah untuk berkumur menggunakan segelas air yang telah dicampur dengan 1 sdm air lemon. Lakukan langkah tersebut dua kali dalam sehari sampai gusi bengkak dan rasa sakitnya hilang.

Baca Juga: Cara mengobati sakit gigi bisa dengan 4 makanan ini

Garam

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri bisa Anda lakukan dengan memakai air garam.

Jika Anda ingin mengobati gusi bengkak di rumah, cobalah untuk memakai garam. Sama seperti kantung teh, garam bisa melawan infeksi bakteri dan mengurangi rasa sakit. Pertama, campur ½ sdt garam dalam segelas air hangat. Aduk rata lalu gunakan air garam untuk berkumur.

Kompres

Melansir Medical News Today, gusi bengkak dapat Anda atasi dengan memanfaatkan kompres, baik kompres panas atau kompres dingin. Anda hanya perlu membasahi handuk dengan air hangat atau membalut kantung plastik berisi es batu dengan handuk.

Setelah itu, tempatkan kompres di bagian pipi atau mulut yang menutup gusi bengkak. Anda bisa mengulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari sampai pembengkakan berkurang dan rasa sakit hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×