Ciri-ciri dan Gejala Cacar Monyet dari Hari ke Hari yang Perlu Diwaspadai

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 12:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ciri-ciri dan Gejala Cacar Monyet dari Hari ke Hari yang Perlu Diwaspadai


KONTAN.CO.ID - Gejala cacar monyet dan ciri-ciri cacar monyet dari hari ke hari perlu diwaspadai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini menyusul ada satu warga negara Indonesia (WNI) yang terkonfirmasi menderita monkeypox atau cacar monyet. 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun, dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.

Pasien mulai mengalami gejala awal monkeypox di tanggal 11 Agustus 2022. Setelah berkonsultasi ke beberapa fasilitas kesehatan, pasien masuk ke salah satu rumahsakit milik Kementerian Kesehatan pada 18 Agustus dan hasil test PCR pasien terkonfirmasi positif pada malam hari tanggal 19 Agustus.

Baca Juga: Cegah Cacar Monyet, Jokowi Minta Pengetatan Pengecekan dan Siapkan Vaksin

"Saat ini pasien dalam keadaan baik, tidak sakit berat dan ada cacarnya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan dan kaki. Pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit, tapi cukup isolasi mandiri," ungkap juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dalam keterangan pers (20/8).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global, yang membuat negara harus segera melakukan antisipasi.

Monkeypox adalah penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus langka dari hewan (virus zoonosis).

Baca Juga: Apa Itu Cacar Air? Ini Gejala, Pencegahan, dan Pengobatan Cacar Air

Gejala dan ciri-ciri cacar monyet dari hari ke hari 

Penularan cacar monyet melalui kontak erat atau benda yang terkontaminasi virus. Dirangkum dari Instagram resmi Indonesia Baik, berikut adalah gejala dan ciri-ciri cacar monyet dari hari ke hari:

1. Masa inkubasi

Masa inkubasi dimulai selama 5 hingga 13 hari atau 5 hingga 21 hari sejak tertular hingga muncul gejala.

Baca Juga: Penderita Cacar Monyet: Bayangkan Rasa Sakit Borok di Mulut dan Kalikan dengan 20

2. Masa invasi

Masa invasi dimulai selama 0 hingga 5 hari sejak masa inkubasi. Pada masa invasi ini mulai muncul gejala cacar monyet berupa demam tinggi, sakit kepala, ada benjolan atau pembesaran kelenjar limfa di leher, ketiak, atau selangkangan.

3. Masa erupsi  

Masa erupsi terjadi 1 hingga 3 hari pasca-demam. Pada masa erupsi mulai muncul ruam pada wajah, telapak tangan, kaki, mukosa, alat kelamin, dan selaput lendir mata. 

Perlu diketahui bahwa cacar monyet bisa sembuh sendiri setelah 2 hingga 4 minggu pasca-masa inkubasi. 

Baca Juga: Ini Kelompok Paling Rentan Tertular Cacar Monyet Versi WHO

Vaksin cacar monyet

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Syahril mengatakan, bahwa dalam upaya memerangi penyakit menular cacar monyet yang sudah terdeteksi 1 kasus cacar monyet di Indonesia, pemerintah akan mengadakan 10.000 dosis vaksin penyakit cacar monyet.

Saat ini, kata Syahril, produk-produk vaksin cacar monyet yang ada sedang dilakukan uji klinis BPOM bersama dengan Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). 

"Semua dalam proses, termasuk kajian dari ITAGI dan rekomendasi Badan POM," jelas Syahril, dikutip dari Kompas.com (22/8/2022).

Demikian penjelasan mengenai gejala dan ciri-ciri cacar monyet dari hari ke hari yang perlu diwaspadai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru