Tips Sehat

Cegah penularan Covid-19, dokter gigi bisa lakukan screening teledentistry

Kamis, 23 Juli 2020 | 22:08 WIB   Reporter: Andy Dwijayanto
Cegah penularan Covid-19, dokter gigi bisa lakukan screening teledentistry

ILUSTRASI. Seorang dokter gigi mengenakan alat pelindung diri (APD) saat memeriksa pasiennya di salah satu klinik di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/5/2020). Penggunaan APD tersebut untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan menjadi Standar Operasional Prosedur (S

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk menghindari penularan Covid-19, dokter gigi diwajibkan untuk melakukan screening secara teledentistry yang bisa melalui fitur aplikasi whatsapp maupun yang lainnya.

Hal tersebut diungkapkan pada acara Webinar sesi 5 FOKUS 2020 menyampaikan hal yang sama terkait hal-hal yang perlu di lakukan pada saat memulai praktek layanan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di era new normal.

Kondisi pandemi Covid-19 memaksa dokter gigi untuk menutup praktik pelayanan kesehatan gigi sementara, mengingat sumber utama penyebaran virus Covid-19 ini melalui droplet.

Selain itu tingginya permintaan APD membuat harga APD melambung tinggi sehingga dokter gigi mengalami kesulitan memperoleh APD tersebut.

Baca Juga: Wajib coba! Inilah obat sakit gigi ampuh

Tanggal 28 Mei 2020, Presiden Jokowi melihat bahwa wabah ini tidak bisa dihindari, dan harus memikirkan bagaimana bisa melanjutkan kehidupan dan perekonomian masyarakat.

Oleh karenanya kita diimbau agar dapat berdamai dengan virus ini namun tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus ini.

Di terbitkannya buku Panduan untuk Dokter Gigi pada era New Normal oleh PBPDGI sangat membantu para dokter gigi memberikan solusi untuk dokter gigi dalam memulai pelayanannya kembali.

“Salah satu hal penting yang harus dilakukan sesuai buku panduan dalam melakukan perawatan adalah melakukan screening pasien secara teledentistry, pastikan pasien yang hendak di rawat dalam keadaan sehat” ujar Dr. drg. Jeddy, Sp. KGA, Kepala Bagian Pedodonti FKG Universitas Trisakti, Kamis (23/7)

Editor: Yudho Winarto


Terbaru