Cegah Kanker: Ini 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

Sabtu, 14 Januari 2023 | 13:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cegah Kanker: Ini 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti


KONTAN.CO.ID - pratayang sabtu/ Bagi para pencinta jamu, tentu sudah tak asing lagi dengan kencur. Ada segudang manfaat kencur untuk kesehatan. Selain untuk jamu herbal, manfaat kencur paling umum yakni sebagai bumbu dapur.

Kencur atau cekur (Kaempferia galanga) adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah, biasa dipakai untuk bahan rempah-rempah dan ramuan obat.

Tanaman kencur ini tumbuh subur di wilayah Asia seperti Indonesia, China, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Di beberapa daerah tanaman ini disebut cikur, ceku, cekor, tekur, suha, hingga bataka.

Kencur hampir mirip dengan jahe, kunyit, dan lengkuas. Beberapa tanaman ini memiliki senyawa seperti minyak atsiri, saponin, flavonoid, maupun polifenol.

Lantas, apa saja manfaat kencur untuk kesehatan?

Baca Juga: 4 Manfaat Biji Jambu untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Manfaat kencur

Manfaat Kencur

Bagian tanaman kencur yang sering digunakan adalah rimpang, akar, dan daun. Manfaat kencur sendiri sudah banyak dibuktikan berbagai penelitian.

Banyaknya senyawa aktif atau bahan yang dikandung membuat kencur kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Manfaat kencur juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu, karena khasiat kencur diyakini membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan bahkan melawan berbagai jenis kanker.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 7 Kebiasaan untuk Memudahkan Persalinan

Nah, berikut sederet manfaat kencur sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat kencur yang sudah terbukti adalah sebagai antioksidan. Antioksidan adalah senyawa tanaman yang bermanfaat membantu melawan penyakit dan melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang merusak.

Selain itu, kegunaan kencur sangat kaya akan polifenol. Polifenol adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Di antaranya meningkatkan memori otak dan menurunkan gula darah serta kadar kolesterol LDL (jahat).

Polifenol pada manfaat kencur juga dianggap bisa melindungi tubuh dari penurunan mental, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Jahe dan kunyit, dua kerabat dekat kencur juga kaya akan polifenol.

Baca Juga: Anus Gatal Terasa Sangat Menganggu? Ini Cara Mengobatinya

2. Dapat melindungi tubuh terhadap kanker tertentu

Manfaat kencur kedua adalah bisa membantu melindungi tubuh Anda dari jenis kanker tertentu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam kencur, dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya.

Selain itu, sebuah studi juga menjelaskan bahwa senyawa dalam kencur bisa membunuh dua jenis sel kanker usus besar manusia. Studi lain menunjukkan itu dapat melawan sel kanker payudara, saluran empedu, kulit, dan hati.

Baca Juga: Yuk Simak! 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Menurunkan Darah Tinggi

3. Dapat meningkatkan kesuburan pria

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat kencur untuk kesehatan juga terkait dengan kesehatan sperma. Beberapa penelitian menunjukan kalau manfaat kencur dapat meningkatkan kesuburan pria.

Dalam satu penelitian pada hewan, jumlah dan motilitas sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak kencur.

Sementara dalam penelitian lain pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, mengonsumsi suplemen harian yang mengandung kencur dan ekstrak buah delima dapat meningkatan motilitas sperma sebesar 62%.

Baca Juga: 5 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jantung

4. Dapat melawan peradangan dan rasa sakit

Manfaat kencur berikutnya adalah bisa mengurangi peradangan penyebab penyakit, karena mengandung HMP. HMP adalah fitokimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Selain itu, tanaman dari keluarga Zingiberaceae, termasuk kencur, dipercaya dapat mengurangi rasa sakit ringan yang merupakan gejala peradangan. 

Baca Juga: Segera Periksa ke Dokter! Kenali 5 Gejala Utama Maag Kronis Ini

5. Bisa jadi pengawet makanan 

Manfaat kencur untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk mengawetkan makanan. Minyak atsiri yang diekstraksi dari kencur dapat melawan berbagai mikroorganisme.

Selain itu, menambahkan kencur ke makanan juga mampu mengurangi risiko vibriosis. Risiko vibrosis adalah infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

Itulah sederet manfaat kencur untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru