kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,99   -29,74   -3.21%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah Anemia hingga Kolesterol dan Darah Tinggi, Ini Manfaat Alpukat yang Sangat Baik


Rabu, 10 April 2024 / 23:00 WIB
Cegah Anemia hingga Kolesterol dan Darah Tinggi, Ini Manfaat Alpukat yang Sangat Baik
Cegah Anemia hingga Kolesterol dan Darah Tinggi, Ini Manfaat Alpukat yang Sangat Baik.


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, bayi/balita, ibu menyusui, dan orang dewasa. Berikut sederet manfaat alpukat untuk atasi kolesterol hingga tekanan darah tinggi.

Alpukat merupakan buah populer yang dapat dijumpai dengan mudah di berbagai negara. Buah alpukat saat ini bahkan populer sebagai pendamping menu-menu makanan yang berat dan menu makanan sehat.

Buah alpukat semakin populer dengan ditambahkan di makanan-makanan ringan untuk anak muda dengan bermacam variasi olahannya. Manfaat buah alpukat yang populer adalah untuk kesehatan kulit wajah.

Meski sering mengonsumsi, Anda mungkin belum tahu manfaat buah alpukat lainnya. Selain memiliki rasa manis dan tekstur lembut, berikut manfaat buah alpukat yang baik bagi kesehatan tubuh bayi hingga orang dewasa.

Baca Juga: Queen of Tears Menguasai, Berikut Daftar Drama Korea Rating Tertinggi Saat Ini

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit

Buah alpukat baik untuk kesehatan kulit wajah karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, dan lemak sehat. Buah alpukat bisa membantu melembabkan kulit, mencegah kerusakan kulit, dan mencegah munculnya jerawat.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya adalah buah alpukat yang memiliki banyak zat besi dan vitamin B untuk mengatasi keluhan mual dan muntah atau pusing karena anemia saat hamil.

Buah alpukat bermanfaat untuk membentuk sistem syaraf janin karena mengandung unsur kalium yang baik. Buah alpukat mengandung vitamin K untuk pembentukan tulang bagi bayi dalam kandungan dan pembentukan jantung.

Baca Juga: Promo KFC Hampers Sambut Lebaran April 2024, Paket Ayam-Nasi dan Totebag KFC

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Menyusui

Bagi ibu yang segera melahirkan atau ibu menyusui, banyak konsumsi buah alpukat untuk menambah energi tubuh dan meningkatkan kualitas serta produksi ASI. Buah alpukat yang mengandung banyak serat juga bisa mengatasi sembelit.

Alpukat yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini bagus untuk ibu menyusui yang sering kelelahan karena harus menyusui dan mengurusi anak di malam hari.

Manfaat Buah Alpukat untuk MPASI Bayi

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, buah alpukat bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh hati dan jantung saat masa perkembangan bayi.

Ketika masa MPASI, bayi perlu mengonsumsi banyak buah seperti alpukat untuk melancarkan percernaan. Tidak hanya sejak dalam kandungan, buah alpukat juga bagus untuk perkembangan otak dan tubuh bayi ketika masa MPASI.

Lemak yang tinggi, karbohidrat, dan kalori membantu menambah berat badan bayi atau menjaga berat badan tetap stabil. Antioksidan dan lutein di buah alpukat bermanfaat menjaga kesehatan mata demi kemampuan penglihatan bayi.

Baca Juga: Promo Alfamart Snack Hemat Mulai Rp 3.900, Camilan Lezat Mudik dan Lebaran

Manfaat Buah Alpukat untuk Orang Dewasa

Selain menjaga kesehatan kulit, buah alpukat mempercepat penyembuhan luka, antioksidan untuk mencegah kerusakan pada tubuh, menetralisir radikal bebas pada tubuh, mengendalikan tekanan darah, dan mencegah tekanan darah tinggi.

Sama seperti bayi, alpukat bermanfaat menjaga kesehatan penglihatan mata di usia senja. Melansir artikel dari situs Kemeterian Kesehatan, buah alpukat dapat mengatasi masalah kadar kolesterol tinggi dalam darah (hiperkolestrol).

Ini karena buah alpukat memiliki komponen aktif pantethin, niacin (vitamin B3), vitamin C, vitamin E, vitamin A, pantogenic acid, Monosaturated Fatty Acid (MUFA), dan selenium untuk menurunkan kadar kolesterol dan anti inflamasi.

Manfaat Buah Alpukat

Baca Juga: Turunkan Asam Urat sampai Cegah Hipertensi, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Salam Ini

Menurut Kementerian Kesehatan, buah alpukat baik untuk dikonsumsi saat diet sehat karena 20 vitamin, nutrisi dan phytonutrients yang bagus untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh termasuk kolesterol.

Disebutkan bahwa buah alpukat dapat menurunkan kadar gula darah pada diabetes mellitus tipe 2 dan menurunkan kadar sodium di dalam darah. Segera konsumsi buah alpukat dengan cara di jus maupun dicampur dalam salad.

Meski begitu, cukup konsumsi buah alpukat satu kali dalam sehari saja. Jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh dengan tetap mengonsumsi buah dan makanan atau minuman sehat selain alpukat.

Selanjutnya: Harga Emas Tergelincir dari Level Rekor Setelah Data Inflasi AS yang Panas

Menarik Dibaca: Besok Awan Tebal Bakal Mewarnai Hari Kedua Lebaran di Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×