Catat! Inilah penyebab paru-paru basah dan cara mencegahnya

Rabu, 26 Agustus 2020 | 14:46 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Catat! Inilah penyebab paru-paru basah dan cara mencegahnya

ILUSTRASI. Penyebab paru-paru basah bisa ditandai dengan nyeri dada. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Paru-paru basah atau pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru meradang. Ada beberapa hal yang jadi penyebab paru-paru basah, mulai dari infeksi bakteri, virus, atau jenis kegiatan yang Anda lakukan.

Tidak semua orang mengalami paru-paru basah ringan. Beberapa orang bisa mengalami penyakit paru-paru basah yang serius. Apalagi bagi anak-anak, orang dewasa yang berusia lebih dari 65 tahun, dan seseorang dengan penyakit tertentu.

Penyebab paru-paru basah biasanya ditandai dengan beberapa hal. Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan, paru-paru basah ditandai dengan nyeri dada saat bernapas atau batuk, demam, mual, muntah diare, dan kesulitan bernapas.

Baca Juga: 4 Obat sakit punggung tanpa operasi

Penyebab Paru-Paru Basah

Seperti yang telah dikatakan, ada beragam penyebab paru-paru basah. Bakteri penyebab paru-paru basah yang sering ditemukan bernama Streptococcus pneumoniae. Bakteri tersebut menyerang salah satu bagian lobus paru-paru.

Selain infeksi bakteri, infeksi jamur juga bisa jadi penyebab paru-paru basah. Jenis penyebab paru-paru basah ini sering terjadi pada tubuh yang tidak sehat atau tubuh dengan sistem imun yang lemah.

Melansir dari Mayo Clinic, penyebab paru-paru basah lainnya adalah infeksi virus (termasuk Virus Covid-19). Virus jadi penyebab paru-paru basah utama untuk anak yang berusia di bawah lima tahun.

Penyebab paru-paru basah juga bisa terjadi pada pasien yang dirawat di rumah sakit karena penyakit lainnya. Jika hal ini terjadi, pengobatan paru-paru basah bisa lebih sulit karena bakteri menjadi lebih kebal terhadap antibiotik.

Baca Juga: 3 Obat batuk alami, bahannya mudah ditemukan

Cara Mencegah Penyebab Paru-Paru Basah

Penyebab paru-paru basah bisa Anda cegah dengan menggunakan vaksin. Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapat vaksin tersebut. Mayo Clinic mengingatkan agar Anda tidak lupa memperbarui informasi tentang vaksin karena prosedurnya bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Menjaga kebersihan penting dilakukan untuk mencegah penyebab paru-paru basah. Rajin cuci tangan dengan sabun bisa jadi cara agar tidak ada penyebab paru-paru basah yang masuk ke tubuh. Berhenti merokok, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan bergizi juga bisa Anda lakukan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru