Kecantikan & Kebugaran

Catat, inilah manfaat masker timun beserta cara membuatnya

Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah manfaat masker timun beserta cara membuatnya

ILUSTRASI. Masker timun memiliki banyak manfaat. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww/18.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara mendapat manfaat timun adalah dengan mengolahnya menjadi masker. Beberapa manfaat masker timun berikut ini disebabkan karena banyaknya nutrisi yang terkandung. Mulai dari antioksidan, antiinflamasi, hingga vitamin C.

Manfaat Masker Timun

Mengutip dari Healthline (healthline.com), timun cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit yang mudah berjerawat. Zat astringen dalam timun berfungsi untuk mengecilkan ukuran pori-pori dan membersihkan kotoran serta minyak berlebih yang menyumbat.

Tak hanya mengobati jerawat, antiinflamasi dalam timun juga bermanfaat untuk menyembuhkan jenis luka lain. Misalnya, luka akibat paparan sinar matahari, tergigit serangga, atau ruam dan jenis iritasi lainnya. Karena mengandung banyak air, timun juga efektif sebagai pelembab yang menghidrasi kulit.

Cara Membuat Masker Timun

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker timun. Misalnya, membuat masker hanya dari timun, atau menambah bahan alami lainnya, seperti lidah buaya, madu, dan oatmeal.

Baca Juga: 4 Pelembab untuk kulit berminyak dari bahan alami

  • Timun

Cara meremajakan kulit bisa Anda coba dengan masker yang hanya terbuat dari timun. Pertama, hancurkan timun yang sudah dikupas lalu saring jus timun itu. Anda bisa menggunakan blender agar lebih mudah.

Gunakan jus timun yang telah tersaring pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan dulu selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat atau air dingin.

  • Timun dan Lidah Buaya

Jika kandungan air dalam timun tak cukup melembabkan kulit kering, Anda bisa menambahkan lidah buaya. Healthline mengatakan bahwa lidah buaya akan memaksimalkan kinerja timun untuk menghidrasi kulit.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat jus timun lalu menyaringnya. Campurkan jus timun yang telah tersaring dengan 2 sdm gel lidah buaya lalu aduk hingga merata.

Oleskan masker timun ini dengan cara memijatkannya pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan masker selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air dingin.

Baca Juga: 3 Masker komedo alami terbaik yang mudah dibuat

  • Timun, Madu, dan Oatmeal

Healthline merekomendasikan masker yang terbuat dari timun, madu, dan oatmeal untuk kulit wajah yang mudah berjerawat. Oatmeal berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati. Sedangkan madu akan mencegah pertumbuhan bakteri berlebih.

Sama seperti cara pembuatan masker sebelumnya, buatlah jus timun kemudian saring jus tersebut. Tambahkan 1 sdm madu dan 1 sdm oatmeal pada jus timun yang telah disaring lalu aduk hingga merata.

Gunakan masker yang telah dibuat pada wajah dan leher. Anda bisa menambah sedikit pijatan menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Selanjutnya: 4 Masker lidah buaya beserta cara membuatnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru