Catat, inilah 5 gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai

Selasa, 22 September 2020 | 12:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 5 gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai

ILUSTRASI. Gejala batu ginjal bisa terasa di perut bagian bawah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala batu ginjal tidak Anda rasakan jika posisi batu ginjal tak mengganggu saluran kencing. Jika posisinya berada di lokasi yang kurang tepat, maka akan menimbulkan rasa sakit, apalagi jika dibarengi dengan infeksi.

Batu ginjal terbentuk dari garam dan mineral lain dalam tubuh. Ukuran dan teksturnya pun beraneka ragam. Mulai dari sekecil butiran pasir, sebesar kerikil, lunak, hingga keras. Jika ukurannya tak terlalu besar dan terbentuk di tempat yang tepat, batu ginjal bisa keluar bersama urin.

Ada banyak faktor yang meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal, yaitu makanan, minuman, kondisi medis, dan genetik. Gejala batu ginjal berikut perlu Anda perhatikan agar Anda bisa segera melakukan pengobatan.

Sakit Perut Bawah

Banyak orang tak mengenali gejala batu ginjal sampai penyakit ini menjadi lebih parah. Health mengatakan bahwa awalnya, Anda akan merasa sakit di sekitar tulang rusuk. Kemudian, rasa sakit itu akan menjalar ke perut bagian bawah. Pada laki-laki, sakit juga bisa terasa di bagian testikel.

Baca Juga: Inilah 6 minuman untuk bantu efektivitas obat batu ginjal

Tubuh Terasa Tak Nyaman

Adanya benda asing dapat mengganggu kenyamanan tubuh, tak terkecuali batu ginjal. Seseorang yang memiliki batu ginjal sulit menemukan posisi tubuh yang nyaman.
Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri yang disebut kolik renal. Menurut National Library of Medicine, nyeri ini berlangsung selama 20 hingga 60 menit.

Mual dan Muntah

Tubuh merespons adanya batu ginjal dengan mual dan muntah. Mengutip dari Health, gejala batu ginjal ini bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Misalnya, air kelapa, pisang, nasi, kuah sup, dan teh herbal.

Baca Juga: Gejala gagal ginjal dan pengobatan yang bisa dilakukan

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil bisa jadi gejala batu ginjal.

Apakah Anda sering buang air kecil? Jika iya, maka Anda perlu waspada karena itu merupakan gejala batu ginjal. Gejala ini sering muncul saat batu ginjal berada di kandung kemih. Dinding kandung kemih menjadi iritasi sehingga Anda menjadi sering buang air kecil, meski urin yang keluar hanya sedikit.

Urin yang Anda keluarkan juga dapat mengandung darah. Mengutip dari Health, perlu diingat bahwa rasa sakit dan sensasi terbakar saat kencing lebih disebabkan karena infeksi saluran kencing, bukan karena batu ginjal.

Demam

Gejala batu ginjal yang bisa Anda rasakan adalah demam. Namun, gejala ini bisa disebabkan oleh penyakit lain. Untuk memastikan, segera periksakan diri ke dokter jika demam juga disertai dengan gejala batu ginjal lainnya.

Selanjutnya: Minum kopi bisa menganggu kesehatan ginjal, benarkah?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru