Kecantikan & Kebugaran

Catat, inilah 5 cara dasar merawat wajah yang sebaiknya dilakukan

Senin, 21 September 2020 | 10:26 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Catat, inilah 5 cara dasar merawat wajah yang sebaiknya dilakukan

ILUSTRASI. Cara merawat wajah tak cukup hanya menggunakan skincare, perawatan dari dalam tubuh juga penting untuk dilakukan. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara merawat wajah tak cukup menggunakan skincare saja. Perawatan dari dalam pun penting agar kesehatan kulit tetap terjaga. Beberapa hal dasar berikut perlu Anda perhatikan untuk menghindari munculnya masalah kulit wajah di kemudian hari.

Membersihkan wajah

Kotoran, minyak berlebih, dan bakteri bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan masalah. Karena itu, Anda perlu membersihkan wajah secara rutin. Bersihkan wajah setelah dan sebelum tidur. 

Jangan lupa pula untuk mencuci kulit wajah setelah melakukan aktivitas yang menghasilkan banyak keringat. Pilihlah sabun cuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Cukupi Waktu Tidur

Mengutip dari Sally B’s Skin Yummies, kulit memproduksi kolagen baru setiap tidur agar kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga. Dengan mencukupi waktu tidur, produksi kolagen akan semakin berkualitas.

Anda disarankan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam agar tubuh mampu beristirahat dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Baca Juga: Lindungi kulit dengan perawatan yang cukup

Olahraga

Rutin melakukan olahraga bisa jadi cara merawat wajah.

Olahraga jadi cara merawat wajah yang perlu Anda lakukan secara teratur. Kegiatan ini mampu meningkatkan sirkulasi darah yang membawa oksigen ke wajah dan membuang radikal bebas yang dapat merusak kesehatan.

Olahraga juga mampu menurunkan stres sehingga kualitas tidur jadi meningkat. Perlu diingat untuk mencuci wajah setelah berolahraga, ya.

Gunakan Pelembab

Semua jenis kulit membutuhkan pelembab agar kesehatan dan kecantikannya tetap terjaga. Saly B’s Skin Yummies mengatakan, pelembab yang baik mengurangi kulit kering, pecah-pecah, dan memaksimalkan fungsi sel kulit. Hal itu bermanfaat untuk mencegah munculnya kerutan dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

Baca Juga: Bikin cantik, ini manfaat minum kopi untuk kesehatan kulit Anda

Minum Air Putih

Dehidrasi membuat kulit menjadi kering, gatal, dan terlihat kusam. Untuk menghindari hal itu, pastikan Anda minum cukup air. Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur juga bisa jadi cara lainnya untuk menghindari dehidrasi. Di sisi lain, pastikan untuk tidak banyak mengonsumsi minuman yang membuat dehidrasi, seperti kopi atau alkohol.

Selanjutnya: 5 Jenis penyakit kulit yang umum terjadi

Editor: Belladina Biananda


Terbaru