kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Inilah 4 kelompok gejala kanker paru-paru yang perlu diwaspadai


Kamis, 10 September 2020 / 12:26 WIB
Catat! Inilah 4 kelompok gejala kanker paru-paru yang perlu diwaspadai


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala kanker paru-paru yang dialami seseorang berbeda-beda, tergantung dari bagian paru-paru mana yang terkena. Biasanya, gejala awal yang muncul adalah batuk dan kesulitan bernapas. Seiring berjalannya waktu, gejala kanker paru-paru bisa menjadi lebih parah.

Gejala Kanker Paru-Paru Awal

Menurut Cancer Treatment Centers of America, kebanyakan gejala kanker paru-paru tak muncul sampai penyakit tersebut lebih parah. Namun, ada beberapa hal yang jadi tanda awal bahwa Anda memiliki kanker paru-paru.

Gejala kanker paru-paru awal bisa berupa sering batuk dalam jangka waktu lama, batuk mengandung darah, kehilangan nafsu makan dan berat badan turun, nyeri di bagian dada, punggung, dan pundak.

Gejala kanker paru-paru lainnya yang jarang terjadi adalah sakit atau kesulitan menelan, wajah dan leher bengkak, serta bentuk jari berubah. Gejala-gejala yang muncul bisa saja tidak dikarenakan kanker paru-paru. Maka dari itu, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Penyebab radang paru-paru dan gejala yang sering muncul

Gejala Kanker Paru-Paru Lanjut

Kanker paru-paru bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti tulang, liver, dan otak sehingga memunculkan gejala kanker paru-paru lainnya. Beberapa gejala yang muncul adalah tulang terasa sakit, wajah, lengan, dan leher bengkak, pusing, dan penyakit kuning.

Gejala Kanker Paru-Paru dengan Sel Tak Kecil

Cancer Treatment Centers of America mengatakan bahwa Non-Small Cell Lung Cancer (NSCLC) bisa berkembang dalam tubuh seiring berjalannya waktu. Gejala kanker paru-paru pada tahap ini berupa batuk terjadi terus-menerus tanpa alasan yang jelas, sakit tulang, dan kelelahan.

Anda akan mengalami batuk yang disertai darah, dada terasa sakit, dan sulit untuk bernapas. Selain itu, suara Anda menjadi lebih serak daripada biasanya.

Baca Juga: Ingin paru-paru tetap sehat? Konsumsi makanan ini secara rutin

Gejala Kanker Paru-Paru Sel Kecil

Banyak gejala kanker paru-paru yang dikaitkan dengan Small Cell Lung Cancer (SCLC) tidak muncul sampai kondisi kanker benar-benar parah. Mirip dengan gejala kanker paru-paru sebelumnya, SCLC akan menyebabkan batuk, suara serak, kesulitan bernapas, dan nyeri dada.

Mengutip dari Cancer Treatment Centers of America, SCLC dapat menyebabkan sindrom paraneoplastik. Sindromparaneoplastik biasanya menyebabkan keram, otot melemah, dan meningkatnya jumlah kalsium dalam darah yang menyebabkan perubahan bentuk jari.

Selanjutnya: Waspada! Inilah penyebab dada terasa sakit dan nyeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×