kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Inilah 3 bahaya asam lambung


Selasa, 25 Agustus 2020 / 06:00 WIB
Catat! Inilah 3 bahaya asam lambung
ILUSTRASI. Bahaya asam lambung perlu diwaspadai agar tak mengganggu kesehatan tubuh yang lain.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit asam lambung perlu segera ditangani. Jika tidak, penyakit ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh yang lain. Bahaya asam lambung bisa berdampak pada esofagus, gigi, dan lain sebagainya.

Bahaya asam lambung bisa dicegah dengan mengubah pola hidup. Mengutip dari Web MD (webmd.com), Anda perlu mengurangi makanan berlemak dan asam, seperti alkohol, cokelat, dan kopi.

Baca Juga: Bagi penderita asam lambung, hindari jenis makanan ini

Berhenti merokok dan tidak makan sebelum tidur juga bisa jadi pencegahan bahaya asam lambung. Selain itu, Anda perlu mengetahui bahaya asam lambung seperti apa yang bisa terjadi. Tujuannya agar Anda bisa lebih cepat mengobati munculnya gejala awal.

Merusak Esofagus

Bahaya asam lambung berdampak pada kondisi esofagus atau kerongkongan. Jalur penghubung antara mulut dan lambung ini bisa mengalami iritasi saat asam lambung kembali ke mulut. Web MD menyebutkan beberapa bahaya asam lambung pada esofagus.

Bahaya asam lambung bisa menyebabkan esofagitis. Asam lambung yang kembali ke mulut menyebabkan infalamasi pada pinggiran esofagus hingga membuatnya bengkak. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan untuk menelan makanan.

Selain membuat iritasi, bahaya asam lambung juga menyebabkan esofagus menyempit. Hal itu membuat Anda semakin kesulitan untuk menelan makanan. Akibatnya, Anda menjadi dehidrasi dan kehilangan berat badan.

Meningkatkan Resiko Kanker Esofagus

Bahaya asam lambung juga berdampak pada munculnya kanker. Sebanyak 5-10% orang dengan GERD memiliki kemungkinan mengalami Barrett’s esophagus. Asam lambung menyebabkan perubahan precancerous pada sel.

Baca Juga: Waspada! Inilah penyebab dada terasa sakit dan nyeri

Mengutip dari Web MD, hanya 1% orang dengan Barrett’s esophagus yang mengalami kanker esofagus. Dokter bisa mengangkat sel abnormal jika dideteksi sejak awal. Bahaya asam lambung ini ditandai dengan kesulitan untuk menelan makanan dan nyeri dada.

Jika Anda merasakan gejala tersebut, jangan ragu untuk meminta pemeriksaan dokter. Apalagi jika Anda memiliki faktor resiko lain, seperti riwayat kesehatan keluarga dengan kondisi yang sama.

Merusak Gigi

Bahaya asam lambung lainnya bisa terasa pada kondisi gigi. Asam lambung yang kembali ke mulut bisa merusak enamel, yaitu lapisan kuat terluar gigi. Hal tersebut membuat gigi semakin rapuh hingga menyebabkan gigi berlubang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×