Tips Sehat

Catat, ini buah dan sayur yang tidak perlu disimpan dalam kulkas

Senin, 30 Maret 2020 | 07:04 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Catat, ini buah dan sayur yang tidak perlu disimpan dalam kulkas

ILUSTRASI. Aktivitas jual beli bahan makanan di pasar Senen, Jakarta, Senin (19/03).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah masa pembatasan sosial seperti saat ini, banyak orang menyimpan bahan makanan berlimpah di rumah. Kulkas pun menjadi lebih penuh daripada biasanya, karena semua bahan makanan dijejalkan ke dalamnya.

Kulkas memang bisa membuat bahan makanan tahan lebih lama, Namun ternyata hal ini tidak berlaku untuk semua makanan, termasuk untuk sayur dan buah-buahan. Beberapa sayur dan buah bahkan disarankan disimpan di luar kulkas untuk menjaga tekstur dan nutrisi di dalamnya. Berikut sayur dan buah yang disarankan disimpan di luar kulkas, seperti dilansir dari laman eatthis.com:

1. Tomat

Meski disarankan untuk menyimpan tomat di luar kulkas, namun pastikan kamu tetap menyimpannya di tempat yang sejuk dengan suhu ruang yang kering sehingga kelembapannya terjaga.

Baca Juga: Jaga imunitas tubuh tak hanya asupan makanan, lakukan hal ini juga

2. Pisang

Untuk menjaga pisang tetap segar, simpanlah pada suhu ruangan dengan plastik pembungkus (plastic wrap) mengelilingi batang-batangnya. Plastik pembungkus akan mencegah pisang melepaskan gas etilen, yang akan mempercepat proses pematangan.

3. Sitrus

Buah-buahan kelompok sitrus, seperti lemon, limau, jeruk, dan jeruk bali adalah contoh buah-buahan yang lebih baik tidak disimpan di dalam kulkas. Buah-buah ini lebih baik disimpan dalam keranjang buah.

Jika Anda tidak berpikir akan mengonsumsinya dalam waktu dekat, simpanlah buah-buahan ini di tempat yang sejuk, kering dan berventilasi, seperti lemari, hingga mereka siap dikonsumsi.

Baca Juga: Belum ada obatnya, bagaimana pasien positif virus corona sembuh?

4. Alpukat

Alpukat yang matang sepenuhnya memang harus disimpan di kulkas, namun alpukat yang belum matang justru harus disimpan pada suhu kamar. Jika tidak yakin apakah alpukat sudah matang atau belum, cobalah menekannya sedikit menggunakan jari. Alpukat yang sudah matang akan mudah berlekuk ke dalam (penyok) meski hanya ditekan dengan sedikit tenaga.

5. Kemangi

Setelah memotong ujungnya, simpan tanaman beraroma ini dalam gelas atau stoples yang diisi dengan air segar, di mana ia akan tumbuh subur sampai siap digunakan.

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru