kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, Ini 7 Buah untuk Meningkatkan Kadar Testosteron Laki-Laki


Rabu, 01 November 2023 / 13:21 WIB
Catat, Ini 7 Buah untuk Meningkatkan Kadar Testosteron Laki-Laki


Penulis: Bimo Kresnomurti

Buah untuk Meningkatkan Kadar Testosteron - JAKARTA. Simak daftar buah untuk meningkatkan kadar testosteron laki-laki. Kadar testosteron tentu sangat penting untuk menyeimbangkan hormon terkait reproduksi.

Testosteron adalah hormon seks pria yang memiliki peran penting dalam kesehatan fisik dan reproduksi. Ada beberapa jenis makanan dan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan produksi testosteron pada pria.

Produksi testosteron tentu dipengaruhi oleh pola konsumsi makanan dari 

Anda perlu mengenal beberapa nutrisi dari vitamin dan mineral yang wajib Anda konsumsi dan bisa berasal dari buah.

Baca Juga: Kenali Kolesterol, Ketahui Manfaatnya untuk Kehidupan Seksual!

Nutrisi pendukung kadar testosteron

Delima

Berikut adalah beberapa nutrisi yang dapat mendukung produksi testosteron:

  • Vitamin D: Vitamin D adalah salah satu nutrisi kunci yang berperan dalam produksi testosteron. Paparan sinar matahari adalah cara alami tubuh mendapatkan vitamin D, tetapi juga dapat ditemukan dalam makanan.
  • Seng: Mineral seng memiliki peran penting dalam produksi dan keseimbangan hormon, termasuk testosteron.
  • Omega-3 Asam Lemak: Asam lemak omega-3 memiliki dampak positif pada kesehatan hormon dan dapat membantu meningkatkan kadar testosteron.
  • Protein: Asupan protein yang cukup penting untuk produksi hormon, termasuk testosteron.
  • L-Arginin: Amino asam L-arginin dapat membantu meningkatkan aliran darah dan produksi oksida nitrat, yang berperan dalam kesehatan seksual pria.
  • Boron: Boron adalah mineral yang telah dikaitkan dengan peningkatan kadar testosteron.
  • Vitamin A: Vitamin A memiliki peran dalam produksi hormon, dan dapat ditemukan dalam makanan seperti wortel, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau.
  • Magnesium: Magnesium adalah mineral yang penting untuk kesehatan hormon dan terlibat dalam produksi testosteron.

Banyak penelitian yang menyelidiki buah-buahan yang meningkatkan testosteron atau makanan penambah testosteron lainnya dilakukan dengan hewan.

Selain itu, peneliti turut melibatkan ekstrak atau suplemen dari buah-buahan atau makanan lain, bukan dari sumber buah itu sendiri.

Buah untuk meningkatkan kadar testosteron

Semua ini berarti bahwa meskipun mungkin berhasil meningkatkan kadar testosteron dengan buah-buahan tertentu yang meningkatkan testosteron.

Namun, tidak banyak penelitian yang secara khusus menunjukkan peningkatan signifikan dalam produksi testosteron atau kadar testosteron serum hanya dengan mengonsumsi buah-buahan atau buah-buahan tertentu. makanan.

Makanan yang mengandung zat-zat tertentu dapat mendukung produksi testosteron. Simak rekomendasi buah untuk meningkatkan kadar testosteron laki-laki dilansir dari laman Royal Fruits.

1. Alpukat

Nah, Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak sehat ini penting dalam produksi hormon, termasuk testosteron.

Penelitian telah menemukan bahwa minyak zaitun adalah salah satu makanan penambah testosteron terbaik. Dalam banyak hal, profil nutrisi minyak zaitun sangat mirip dengan alpukat. Minyak zaitun dan alpukat keduanya kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E.

2. Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang baik, dan penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi potasium dapat meningkatkan kadar testosteron.

3. Jeruk

Selanjutnya, ada buah jeruk dengan kandungan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif dapat mengganggu produksi testosteron.

4. Stroberi

Adapun, stroberi juga mengandung vitamin C dan serat, yang baik untuk kesehatan secara umum. Kandungan vitamin Ctentu turut membantu produksi testosteron laki-laki.

5. Semangka

Semangka mengandung zat yang disebut L-citrulline, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ seksual dan mendukung fungsi seksual yang sehat.

6. Buah-buahan beri

Beberapa jenis buah beri, seperti blueberry dan raspberry, mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan membantu menjaga kesehatan hormon.

Studi menunjukkan bahwa flavonoid dalam buah beri dan ceri dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif akibat radikal bebas pada sel-sel yang memproduksi testosteron.

7. Delima

Mungkin buah yang paling dikenal untuk meningkatkan kadar testosteron adalah buah delima. Oleh karena itu, buah delima sebenarnya merupakan simbol kuno kesuburan dan fungsi seksual.

Ada banyak alasan mengapa buah delima menjadi salah satu buah terbaik untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

Buah delima adalah sumber antioksidan utama yang kaya. Antioksidan membantu mengurangi peradangan dan melawan sifat buruk radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada tubuh.

Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh berpotensi menghambat produksi testosteron dan mengganggu kesuburan pria.

Baca Juga: Ini 13 Penyebab Gula Darah Tinggi, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Selain buah-buahan, makanan lain yang dapat membantu memperkaya testosteron laki-laki termasuk makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Anda juga bisa menjaga pola makan seimbang dan gaya hidup yang sehat secara keseluruhan.  Kegemukan dan kurangnya aktivitas fisik dapat mengurangi kadar testosteron, jadi menjaga berat badan yang sehat dan berolahraga teratur juga penting.

Itulah sederet tips dan rekomendasi buah untuk meningkatkan kadar testosteron laki-laki yang efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×