kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Contoh Harga Alat Cek Gula Darah, Catat Buah yang Cocok Untuk Penderita Diabetes


Kamis, 05 Oktober 2023 / 07:01 WIB
Contoh Harga Alat Cek Gula Darah, Catat Buah yang Cocok Untuk Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Contoh Harga Alat Cek Gula Darah, Catat Buah yang Cocok Untuk Penderita Diabetes


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Harga Alat Cek Gula Darah - Jakarta. Catat daftar buah yang cocok untuk penderita diabetes. Selain menjaga pola makan, penderita diabetes juga perlu rutin cek gula darah untuk memantau perkembangan gula darah dalam tubuh.

Selain di apotek dan klinik kesehatan, kita bisa cek gula darah sendiri. Berapa harga alat cek gula darah?

Alat cek gula darah bisa dibeli di apotik maupun secara online. Harga alat cek gula darah pun beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah.

Selain harga murah, alat cek gula darah juga ini bisa digunakan sendiri. Namun, Anda harus konsultasi dahulu dengan ahli kesehatan untuk menggunakan alat cek gula darah tersebut.

Salah satu alat cek gula darah adalah Autocheck multi monitoring system. Mengutip website Apotek K24, Autocheck multi monitoring system adalah alat tes yang digunakan dalam membantu memonitoring kadar gula dalam darah, kolesterol, dan asam urat yang digunakan bersama dengan strip autocheck.

Alat cek gula darah Autocheck multi monitoring system mampu memberikan hasil dengan cepat untuk pemeriksaan gula darah selama 5 detik, pemeriksaan asam urat 15 detik, dan pemeriksaan kolesterol selama 26 detik.

Baca Juga: Cara Mengobati Diabetes Pada Wanita, Bolehkah Penderita Diabetes Makan Gula Pasir?

Alat cek gula darah Autocheck multi monitoring system hanya memerlukan sampel darah yang sedikit, dengan hasil yang diberikan akurat. Autocheck multi monitoring system hadir dalam tampilan layar yang besar sehingga memudahkan dalam pembacaan.

Apotek K24 menetapkan harga alat cek gula darah Autocheck Rp 361.340 per unit.

Di e-commerce Blibli.com, salah satu alat cek gula darah yang dijual untuk umum adalah Easy Touch GCHb. Easy Touch GCHb adalah alat test darah multi paramater yang dapat digunakan untuk mengecek gula/glukosa darah, kolesterol total, dan hemoglobin.

Alat tes darah ini mudah dan praktis untuk digunakan karena hanya menggunakan 1 alat untuk melakukan 3 jenis pengukuran. Alat tes darah ini menampilkan hasil pengukuran dalam waktu yang singkat, 10 detik (glukosa), 6 detik (hemoglobin) dan 15 detik (cholesterol).

Di Blibli.com, harga alat cek gula darah Easy Touch GCHb Rp 239.000 per unit.

Buah yang cocok untuk penderita diabetes

Penderita diabetes wajib memilih makanan untuk menjaga gula darah tak melonjak. Termasuk buah-buahan, penderita diabetes harus memilik buah yang cocok.

Dilansir dari Kompas.com, buah yang cocok untuk penderita diabetes adalah buah dengan glikemik rendah. Menurut Medical News Today, indeks glikemik adalah skala yang memberikan peringkat jumlah karbohidrat dalam makanan dari 0 hingga 100, yang menunjukkan kecepatan dalam meningkatkan gula darah.

Berikut skalanya:

  • Indeks glikemik rendah: 55 ke bawah
  • Indeks glikemik sedang: 56-69
  • Indeks glikemik tinggi: 70 ke atas

Maksud dari makanan dengan indeks glikemik rendah atau sedang adalah suatu makanan yang proses pemecahan karbohidratnya menjadi gula lebih lambat daripada makanan lain dengan GI tinggi. Sehingga, makanan tersebut tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Semakin tinggi GI suatu makanan, semakin cepat pula dapat meningkatkan glukosa darah. Akibatnya, dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang akan diikuti dengan penurunan gula darah secara cepat pula.

Apa saja buah dengan indeks glikemik rendah yang cocok untuk penderita diabetes?

Disari dari Diabetes Care Community dan Pharmeasy, berikut beberapa contoh buah pilihan dengan indeks glikemik rendah yang cocok untuk penderita diabetes:

  • Apel

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang pertama adalah buah apel. Apel memiliki indeks glikemik 39. Buah ini juga mengandung serat yang cukup untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, buah apel sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan penyerapan zat besi, dan meningkatkan pertumbuhan serta perbaikan sel.

  • Blewah

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang kedua adalah blewah. Blewah memiliki skor indeks glikemik 54. Buah ini merupakan sumber vitamin C dan A. Blewah juga mengandung sejumlah vitamin B, meliputi B1, B3, B6 dan folat. Selain itu, terdapat kandungan vitamin K, potasium, dan magnesium yang baik.

  • Jambu biji

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang ketiga adalah jambu biji. Jambu biji masuk dalam daftar buah dengan indeks glikemik rendah dengan skor 12.

Buah ini kaya akan serat, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan dapat membantu menjaga kadar gula darah, terutama pada pasien diabetes tipe-2. Disarankan untuk makan buah ini tanpa kulitnya karena membantu menurunkan kolesterol total dan trigliserida serum.

  • Mangga

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang keempat adalah mangga. Buah mangga memiliki indeks glikemik 51. Buah tropis ini cukup rendah kalori, dan sangat tinggi serat. Mangga juga sumber vitamin A, B6, dan C. Ada juga kandungan kalsium, seng, dan zat besi dalam jumlah kecil.

  • Jeruk

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang kelima adalah jeruk. Jeruk memiliki indeks glikemik rendah, yaitu 40. Jeruk mengandung serat, kalium, dan vitamin C yang semuanya mendukung kesehatan jantung. Selain itu, buah ini juga mengandung lebih dari 170 fitokimia berbeda dan lebih dari 60 flavonoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan efek antioksidan.

  • Persik

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang keenam adalah buah persik. Buah persih masuk dalam indeks glikemik rendah dengan skor 42. Buah persik banyak mengandung vitamin C dan A, kalium, serta zat besi. Kalium membantu mengatur detak jantung dan menurunkan tekanan darah, sedangkan zat besi membantu membawa oksigen dari paru-paru dan ke seluruh tubuh.

  • Pir

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang ketujuh adalah buah pir. Buah pir merupakan indeks glikemik rendah dengan skor 38. Pir mengandung vitamin C dan K, kalium, kalsium, magnesium, riboflavin, vitamin B6, serta folat. Anda disarankan memakannya tanpa mengupas kulitnya karena sebagai sumber serat, yang akan memberi Anda 20 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

  • Stroberi

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang kedelapan adalah buah stroberi. Stroberi memiliki indeks glikemik 41. Buah ini memiliki tingkat antioksidan tinggi yang disebut polifenol, yang membantu tubuh melawan penyakit, meningkatkan sensitivitas insulin, serta memperlambat laju tubuh mencerna dan menyerap gula.

Buah berwarna merah ini mengandung vitamin C yang lebih banyak dibandingkan jeruk. Stroberi juga kaya akan potasium, asam folat, dan serat.

  • Alpukat

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang kesembilan adalah alpukat. Alpukat adalah salah satu buah yang indeks glikemiknya bergantung pada seberapa matang buah tersebut. Secara umum, penelitian menunjukkan angka di bawah 55, menjadikannya salah satu buah dengan GI rendah.

Terlepas dari indeksnya, faktanya buah ini mengandung sangat sedikit gula. Salah satu gula utama yang terdapat di dalamnya disebut D-mannoheptulose, yang dikenal dapat membantu memantau pengelolaan gula darah.

  • Asam jawa

Buah yang cocok untuk penderita diabetes yang ke-10 adalah asam jawa. Asam jawa memiliki skor GI 23, Asam Jawa kaya akan serat. Ini juga dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral seperti potasium, zat besi, B1, B2, C, K, dan banyak lagi.

Buah ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat melindungi terhadap penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit terkait jantung.

Makanan dengan indeks glikemik rendah atau sedang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes atau orang dengan kadar gula darah tinggi. Namun, ini tidak bisa menjadi acuan bahwa makanan ini yang paling sehat bergizi.

Jadi, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Selain itu, untuk diketahui bahwa beberapa orang terkadang membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda dari orang lainnya.

Itulah contoh harga alat cek gula darah serta daftar buah yang cocok untuk penderita diabetes. Mari menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×