Tips Sehat

Catat, ini 5 pilihan makanan yang mengandung mineral

Senin, 25 Januari 2021 | 09:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, ini 5 pilihan makanan yang mengandung mineral

ILUSTRASI. Telur termasuk salah satu makanan yang mengandung mineral.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mineral adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan tubuh supaya bisa tetap berfungsi normal. Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tersebut dengan mengonsumsi makanan yang mengandung mineral.

Ada dua jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, yaitu mineral makro dan mineral mikro. Tubuh membutuhkan mineral makro lebih banyak, seperti kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium. Sedangkan mineral mikro dibutuhkan tubuh dengan jumlah yang lebih sedikit.

Beberapa jenis mineral yang termasuk dalam mineral mikro adalah zat besi, zinc, mangan, dan iodin. Meski demikian, Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan mineral mikro seperti Anda mencukupi kebutuhan mineral makro. Beberapa jenis makanan bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan itu.

Kacang dan Biji

Mengutip dari Healthline (healthline.com), ada banyak mineral yang terkandung dalam kacang dan biji. Misalnya, magnesium, zinc, mangan, dan fosfor. Anda bisa mengonsumsi bahan makanan itu sebagai camilan atau mencampurnya dengan hidangan lain, seperti smoothie atau oatmeal.

Baca Juga: Tak hanya alpukat, ini pilihan makanan untuk diet lainnya

Kerang

Kerang adalah salah satu makanan laut yang mengandung banyak mineral. Anda bisa memenuhi 30% zinc dan 22% tembaga harian dengan mengonsumsi 84 g tiram. Selain itu, zinc dalam kerang juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Maka dari itu, usahakan untuk menghindari kekurangan zinc. Jika hal itu terjadi, sistem imun tubuh akan menurun dan Anda menjadi lebih mudah terinfeksi penyakit. Zinc juga penting dikonsumsi ibu hamil supaya pertumbuhan dan perkembangan janin terjaga.

Telur

Telur tidak boleh terlewat dari daftar makanan yang mengandung mineral. Jenis makanan ini mengandung banyak fosfor, zinc, dan zat besi. Tak hanya itu, telur juga memiliki banyak antioksidan, vitamin, dan protein yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Cari makanan yang mengandung vitamin E? Ini jawabannya

Cokelat

Siapa yang suka cokelat? Healthline mengatakan bahwa cokelat mengandung banyak mineral, terlebih lagi magnesium dan tembaga. Magnesium berguna untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan energi, dan mengontrol gula darah.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang mengandung mineral.

Anda bisa memilih alpukat sebagai makanan yang mengandung mineral. Kalium dalam alpukat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, risiko Anda mengalami stroke atau penyakit jantung lainnya bisa berkurang.

Selanjutnya: Ini makanan untuk penderita asam lambung terbaik yang bisa Anda pilih

Editor: Belladina Biananda
Terbaru