Ini makanan untuk penderita asam lambung terbaik yang bisa Anda pilih

Sabtu, 23 Januari 2021 | 08:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini makanan untuk penderita asam lambung terbaik yang bisa Anda pilih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Apakah Anda menderita GERD atau Gastroeophageal Reflux Disease? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Selain memerhatikan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi, Anda juga perlu melihat kapan Anda makan. About GERD mengatakan, sebaiknya konsumsi makanan tiga hingga empat jam sebelum tidur agar efeknya tak terlalu terasa.

Tak hanya itu, Anda juga perlu menghindari jenis makanan tertentu. Misalnya, makanan berlemak, kafein, cokelat, bawang merah, alkohol, atau minuman berkarbonasi. Alih-alih mengonsumsi makanan-makanan itu, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut agar asam lambung tak naik.

Buah dan Sayur

Makanan untuk penderita asam lambung pertama yang bisa Anda konsumsi datang dari kelompok buah dan sayur. Namun, jangan konsumsi buah yang berasa asam, ya. Hal itu justru membuat kondisi asam lambung Anda menjadi lebih parah.

Baca Juga: Tidak ingin asam lambung naik? Hindari makanan berikut ini

Anda bisa mengonsumsi pisang, melon, atau apel. Sama seperti buah, pada dasarnya, Anda bisa mengonsumsi sayuran apa pun. Namun, pastikan untuk menghindari konsumsi tomat atau bawang merah karena mengandung banyak lemak dan bisa menyebabkan iritasi.

Protein

Telur merupakan salah satu makanan untuk penderita asam lambung.

Telur dan daging merupakan sumber protein yang cocok digunakan untuk menurunkan asam lambung tinggi. Namun, jika Anda bermasalah dengan telur, About Gerd menyarankan agar Anda hanya mengonsumsi putih telur tanpa kuning telur.

Karbohidrat Kompleks

Makanan untuk penderita asam lambung lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah sumber karbohidrat kompleks. Misalnya, nasi, roti dari gandum utuh, atau oatmeal.

Makanan-makanan tersebut mengandung serat yang bisa menurunkan asam lambung. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi kentang yang mengandung karbohidrat sehat.

Baca Juga: Ini makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung

Tips Lainnya

Selain makanan untuk penderita asam lambung, Anda juga bisa melakukan hal lain agar kondisi asam lambung tak semakin parah. Pertama, Anda bisa mengunyah permen karet untuk meningkatkan produksi air liur dan mengurangi asam lambung.

Kedua, hindari atau batasi konsumsi alkohol agar lambung tak iritasi. Ketiga, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangan makan berat beberapa jam sebelum waktu tidur. Hal itu disebabkan karena saat mencerna makanan, asam lambung akan meningkat sehingga tak baik untuk kondisi Anda.

Selanjutnya: Penderita asam lambung makan pisang, amankah?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru