Catat, ini 4 obat diare yang bisa Anda jadikan pilihan

Kamis, 07 Oktober 2021 | 09:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, ini 4 obat diare yang bisa Anda jadikan pilihan

ILUSTRASI. Telur bisa Anda manfaatkan sebagai obat diare.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan saat mengalami diare adalah makanan yang Anda konsumsi. Nah, dari beberapa jenis makanan yang ada di sekitar Anda, ada bahan makanan yang bisa dijadikan obat diare.

Sebelum mengenal jenis makanan apa saja yang bisa jadi opsi, Anda perlu minum banyak air putih. Seperti yang kita tahu, diare membuat frekuensi buang air besar meningkat. Minum air putih berguna untuk menjaga tubuh Anda agar tak dehidrasi atau kekurangan cairan.

Pisang, roti, dan nasi adalah beberapa contoh makanan yang biasa digunakan untuk mengobati diare. Tidak hanya itu, masih banyak makanan lain yang bisa Anda coba. Mulai dari sereal, sayur rebus, telur, dan lain sebagainya.

Telur

Telur adalah salah satu obat diare yang cukup mudah untuk Anda dapatkan. Insider (insider.com) menyarankan Anda untuk tidak menggunakan mentega, keju, atau bumbu secara berlebihan. Tujuannya supaya kondisi sistem pencernaan tak memburuk.

Baca Juga: 3 Obat diare alami yang bahannya mudah Anda dapatkan

Sayur Rebus

Sayur rebus bisa dijadikan obat diare.

Sayur merupakan jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga cocok dimasukkan menu sehat sehari-hari, apalagi saat Anda sedang diare. Namun, Anda perlu merebusnya terlebih dahulu. Mengonsumsi sayur mentah akan sulit untuk dicerna yang mana bisa memperparah diare.

Ayam

Ayam bisa Anda jadikan obat diare. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi lemak ayam, ya. Cara mengolah ayam juga perlu diperhatikan. Hindari menggunakan minyak supaya ayam tetap aman dikonsumsi ketika diare.

Hindari pula pemakaian bumbu yang berlebihan karena hal itu bisa mengiritasi saluran pencernaan. Supaya cita rasa ayam bisa lezat, Anda bisa menggunakan beberapa jenis rempah atau bahan alami yang lain.

Sereal

Sereal bisa dijadikan obat diare.

Insider merekomendasikan sereal untuk dikonsumsi selama Anda mengalami diare. Sereal adalah salah satu jenis makanan yang memiliki sedikit serat. Hal itulah yang membuatnya cocok dikonsumsi saat diare. Dengan begitu, frekuensi buang air besar menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: 4 Gejala HIV bisa diatasi dengan cara-cara ini, lo

Makanan yang Perlu Dihindari

Tidak hanya mengonsumsi makanan-makanan yang sudah disebutkan, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis bahan. Tujuannya tentu saja untuk menghentikan keluarnya feses bertekstur lunak secara terus-menerus.

Pertama, sebaiknya jangan konsumsi produk olahan susu. Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi produk olahan susu, seperti yogurt, usahakan untuk mengonsumsi plain yoghurt, ya. Hindari konsumsi yogurt yang dicampur dengan pemanis.

Selain produk olahan susu, masih banyak jenis makanan lain yang sebaiknya Anda hindari. Mulai dari makanan berminyak dan berlemak, makanan pedas, makanan manis, dan makanan-makanan yang bisa meningkatkan produksi gas dalam tubuh.

Selanjutnya: Tenggorokan sakit saat menelan? Berikut 5 penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru