4 Gejala HIV bisa diatasi dengan cara-cara ini, lo

Kamis, 30 September 2021 | 11:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Gejala HIV bisa diatasi dengan cara-cara ini, lo

ILUSTRASI. Gejala HIV, seperti kulit kering dan gatal, bisa diatasi dengan memakai pelembab.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. HIV merupakan jenis virus yang ada di darah atau cairan lain dalam tubuh. Saat terinfeksi virus tersebut, sistem imun tubuh Anda akan melemah sehingga gejala HIV pun Anda rasakan. Supaya kondisi tubuh tak semakin buruk, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan.

Anda bisa tertular HIV dari banyak cara. Beberapa di antaranya adalah menggunakan jarum suntik yang sama dan melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Perlu diingat bahwa HIV tak bisa menyebar melalui air liur, air mata, keringat, atau air kencing, ya.

Setiap orang mengalami ciri-ciri HIV yang berbeda. Pada minggu-minggu awal infeksi, beberapa gejala yang bisa Anda alami adalah demam, sakit kepala, sakit perut, sakit tenggorokan, muncul ruam di kulit, dan nyeri di sendi atau bagian tubuh yang lain.

Setelah beberapa bulan terinfeksi, Anda mungkin akan merasa lebih sehat. Namun, HIV masih ada dalam tubuh Anda. Anda lebih rentan mengalami penyakit lain. Selain mengikuti pengobatan yang disarankan dokter, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ciri-ciri HIV.

Baca Juga: Catat! 4 Faktor ini bisa jadi penyebab penyakit TBC

Mengatasi Penyakit Kulit

Saat terinfeksi HIV, sistem imun tubuh yang menurun terlihat di kondisi kulit. Anda cenderung memiliki kulit yang kering dan gatal. Melansir Web MD (webmd.com), Anda bisa mengatasinya dengan memakai pelembab, krim antibakteri, atau krim antijamur.

Mengobati Batuk

Batuk sebagai gejala HIV bisa Anda atasi dengan minum obat.

Setiap orang pasti pernah batuk. Sayangnya, HIV menyebabkan batuk yang Anda alami cukup parah dan terjadi secara terus-menerus. Jika Anda mengalami kondisi itu, jangan ragu untuk meminta saran dokter, ya. Nantinya, dokter akan menyarankan obat batuk yang Anda perlukan.

Menaikkan Berat Badan

Berat badan turun termasuk salah satu gejala HIV.

Jika terus dibiarkan dan tak teratasi dengan baik, infeksi HIV membuat berat badan Anda berkurang. Apalagi saat sakit, nafsu makan Anda cenderung hilang. Gejala HIV lainnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan Anda diare.

Supaya tak semakin parah, Web MD merekomendasikan Anda untuk berkonsultasi ke ahli gizi dan memperbanyak asupan protein. Tidak berhenti sampai di situ, Anda perlu rajin olahraga supaya kekuatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Jangan cemas, kelompok komorbid tetap dapat divaksinasi Covid-19

Menurunkan Demam

Demam atau suhu tubuh yang tinggi merupakan tanda bahwa badan Anda sedang berusaha melawan infeksi. Minum ibuprofen dan mengaplikasikan kompres dingin bisa Anda jadikan pilihan. Namun, jangan lupa untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Usahakan untuk melakukan beberapa hal di atas secara teratur. Tujuannya supaya gejala HIV bisa lebih terkontrol. Dengan begitu, Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Selanjutnya: Penyakit Herpes: penyebab, gejala, dan obatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru