Tips Sehat

Catat! Ini 13 makanan pencegah kanker yang baik dikonsumsi

Senin, 14 Juni 2021 | 09:34 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Ini 13 makanan pencegah kanker yang baik dikonsumsi

ILUSTRASI. Sejumlah makanan diyakini bisa menjadi makanan pencegah kanker. Salah satunya brokoli.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah makanan diyakini bisa menjadi makanan pencegah kanker. Ingatlah bahwa apa yang Anda makan bisa secara drastis memengaruhi banyak aspek kesehatan Anda. Hal itu juga berlaku pada risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. 

Perkembangan kanker khususnya, telah terbukti sangat dipengaruhi oleh pola makan Anda. Di satu sisi, ada makanan yang bisa menyebabkan kanker. Di sisi lain, ada makanan yang diyakini dapat membantu mengurangi pertumbuhan kanker karena mengandung senyawa bermanfaat. 

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asupan makanan tertentu yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko penyakit kanker yang lebih rendah. 

Berikut ini adalah beragam pilihan makanan pencegah kanker yang baik untuk dipertimbangkan: 

Baca Juga: Kasus harian Covid-19 meledak, konsumsi buah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh

1. Brokoli 

Dilansir dari Health Line, brokoli dianggap bisa bermanfaat sebagai makanan pencegah kanker karena mengandung sulforaphane. Sulforaphane adalah senyawa yang telah terbukti dapat membunuh sel tumor dan mengurangi ukuran tumor berdasarkan hasil penelitian tabung dan penelitian terhadap hewan. 

Asupan sayuran cruciferoius, termasuk brokoli yang lebih tinggi juga telah dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa penelitian yang tersedia belum melihat secara langsung bagaimana brokoli dapat memengaruhi kanker pada manusia. Jadi, masih diperlukan lebih banyak studi. 

Baca Juga: Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru