Catat, Covid-19 sebabkan masalah pada sistem pencernaan

Senin, 26 Juli 2021 | 08:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, Covid-19 sebabkan masalah pada sistem pencernaan

ILUSTRASI. Masalah pada sistem pencernaan adalah salah satu efek Covid-19. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak efek Covid-19 pada kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Meski sudah sembuh, Anda masih bisa mengalami beberapa gejala Virus Corona dalam jangka waktu yang lebih lama. Kondisi itu biasa disebut dengan long covid.

Long covid yang biasa dialami terjadi adalah sesak napas, nyeri otot, batuk, dan lain sebagainya. Namun, E Times (timesofindia.indiatimes.com) mengatakan bahwa Anda juga perlu mewaspadai masalah sistem pencernaan pasca dinyatakan sembuh dari infeksi Virus Corona.

Ada banyak penyintas Covid-19 yang melaporkan beberapa masalah pada sistem pencernaan. Mulai dari diare, asam lambung naik, mual, perut kram, dan lain sebagainya. Para peneliti mengatakan bahwa kondisi itu bisa terjadi akibat banyaknya Virus Corona yang muncul di sekitar usus.

Baca Juga: Ini syarat sembuh pasien Covid-19, tak perlu lagi swab PCR

Melansir E Times, sebanyak 60% pasien terinfeksi Virus Corona dapat mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Bahkan, kondisi itu bisa berlangsung selama tiga bulan setelah Anda dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Anda perlu mengatasi gangguan pada sistem pencernaan yang terjadi dengan baik. Jika gejalanya terus dibiarkan, bukan tidak mungkin muncul masalah kesehatan lain yang lebih parah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut.

Baca Juga: Pasien Covid-19 harus tahu, ini tanda akan mengalami long covid

Misalnya, memperbanyak waktu istirahat dan meningkatkan asupan cairan. Hindari mengonsumsi gorengan atau makanan olahan karena bisa memperparah sakit perut. Alih-alih mengonsumsi jenis makanan itu, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi serat dan makanan bergizi lain.

Mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin C, dan vitamin B12 bisa Anda lakukan. Namun, pastikan untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter, ya. Selain itu, jika gejala yang Anda alami semakin parah, jangan ragu untuk segera menghubungi tenaga kesehatan supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Kenali long covid, ciri-ciri serta cara mencegah dan mengatasinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru