kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Berikut 6 Tanda-tanda Anda Menderita Kolesterol Tinggi


Sabtu, 30 Juli 2022 / 00:25 WIB
Catat! Berikut 6 Tanda-tanda Anda Menderita Kolesterol Tinggi


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Banyak yang tidak menyadari saat tubuh terserang kolesterol. Tiba-tiba saja, tubuh merasa sakit. Jika ini dibiarkan, akan membahayakan jiwa.  

Terkait kolesterol ini, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Suyatno Hadi Saputro menjelaskan Surabaya, gejala kolesterol yang tinggi bisa dilihat dari kaki. 

Ternyata menurutnya, kolesterol tinggi berdampak buruk bagi tubuh dan bisa terjadi pada orang tua hingga usia remaja. Dalam keadaan normal, kolesterol diperlukan oleh tubuh agar tubuh bisa berfungsi secara normal. 

Jadi, kolesterol itu digunakan di seluruh tubuh untuk berbagai fungsi penting, salah satunya ialah membantu pencernaan lemak makanan. 

"Kolesterol dibawa ke seluruh tubuh sebagai ester kolesterol yang dikemas dengan lemak dan protein," ujarnya dikutip dari laman UM Surabaya, Kamis (16/6/2022). 

Dijelaskan, usus mengumpulkan kolesterol makanan menjadi partikel yang disebut kilomikron yang diangkut melalui darah dan akhirnya diambil oleh hati. Lalu, hati mengemas makanan dan kolesterol menjadi Lipoprotein Densitas Rendah (LDL). 

Baca Juga: Aneka Minuman Ini Bermanfaat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kadar LDL kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung mendadak, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. 

Tapi, sebagian besar penyebab kolesterol tinggi atau hiperkolesterol adalah berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat. Faktor gaya hidup yang paling sering menjadi penyebab kolesterol tinggi. 

Tanda kolesterol tinggi di kaki 

Dikatakan, ada enam tanda kolesterol tinggi di kaki yang perlu diwaspadai, yakni: 

1. Kaki terasa nyeri 

Apabila sudah terjadi penyumbatan pembuluh darah arteri di kaki akan menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah tidak mencapai bagian tubuh menurun. Hal ini yang membuat kaki terasa berat dan tubuh cepat lelah. 

Karenanya, orang dengan kolesterol tinggi, sering kali mengeluhkan kaki terasa terbakar, rasa sakit pada paha dan betis. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat. 

2. Jika ada luka di kaki susah sembuh 

Sedang tanda kolesterol tinggi di kaki yang terakhir ialah ketika aliran darah menuju kaki terganggu, maka kaki akan kekurangan nutrisi dan oksigen dan lukanya biasanya berubah warna menjadi kecoklatan atau kehitaman (jaringan mati). 

Untuk itu, jika seseorang mengalami beberapa gejala di atas, maka segera periksakan diri atau meminta bantuan pada petugas kesehatan terdekat.

Baca Juga: Menurunkan Asam Urat Tinggi, Ini 3 Manfaat Daun Alpukat

3. Kesemutan 

Tanda kolesterol tinggi di kaki, menurut penelitian kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi. Kolesterol tinggi menyebabkan akumulasi berbahaya dan endapan lain di dinding arteri (aterosklerosis). 

4. Ada perubahan pada warna kulit maupun kuku 

Adapun tanda kolesterol tinggi berikutnya yakni ada perubahan pada warna kulit dan kuku. Ini diakibatkan kekurangnya aliran darah atau kadar oksigen dalam darah menurun. 

"Sel yang berada di daerah tersebut tidak mendapatkan cukup nutrisi karena berkurangnya aliran darah," imbuhnya. 

5. Kaki terasa dingin secara terus menerus 

Bahkan di cuaca panas sekalipun kaki terasa dingin. Hal tersebut menjadi penanda kolesterol dalam darah sudah terlalu tinggi, sehingga menghambat laju aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen menuju kaki berkurang. 

Kaki yang menjadi dingin ini bisa terjadi di salah satu kaki saja atau di kedua belah kaki. Menurutnya tanpa oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit akan kering sedangkan kuku kaki akan menebal dan tumbuh lebih lambat warna lebih pucat. 

Baca Juga: 11 Makanan yang Baik dan Aman Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

6. Kaki keram 

Saat tidur dan keram berkelanjutkan perlu diwaspadai. Gejala ini sering kali dirasakan pada bagian tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki. Hal ini lebih sering dirasakan pada malam hari terutama saat istirahat tidur. Ini disebabkan aliran darah menurun sehingga kadar oksigen berkurang. 

Menurut Yatno salah satu solusinya adalah menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk dapat meredakan keram. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dosen UM Surabaya: 6 Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Kaki"
Penulis : Albertus Adit
Editor : Albertus Adit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×